Home » , » Hari-hari na'as berdasarkan tradisi kuno

Hari-hari na'as berdasarkan tradisi kuno

Hari-hari naas yang masih dipercaya masyarakat kami di pulau singkep(tidak semuanya ada yang percaya hanya sebagian generasi tua saja ) sampai saat ini yaitu :
    1. Awal bulan saf’ar dan menjelang akhir bulan saf’ar .
    menurut orang tua-tua hari-hari itu rawan terhadap kecelakaan dan rawan terhadap kejadian buruk yang sangat fatal akibatnya. Dan biasanya mereka para orang tua kami sering mengingatkan kami untuk berhati-hati dalam berkendaraan dan melakukan kegiatan-kegiatan lainnya. Makanya dalam bulan-bulan ini di adakan tradisi mandi safar pada rabu terakhir bulan safar , yaitu mandi yang ritualnya biasa dilakukan secara masal atau beramai-ramai di pantai-pantai , atau di sungai-sungai dipimpin seorang tetua , atau ada juga yang melakukannya sendiri-sendiri dirumah .
    2. Menjelang magrib atau disaat matahari mau tenggelam dengan menampakkan rona kemerahan pada langit-langit .
    Katanya saat ini saat petukaran makhluk siang dengan makhluk malam yang rentan terjadinya hal-hal mistis yang bisa merugikan seseorang.
    3. Dua hari menjelang pernikahan
    Dua hari ini merupaakan hari rawan buat calon pengantin. Biasanya calon pengantin dilarang melakukan perjalanan jauh , bekerja yang beresiko dan lain-lain.karena masa tersebut banyak cobaan yang akan datang dan berbahaya buat calon pengantin untuk itulah orang-orang tua kami selalu mengingatkan tentang hari tersebut
    .
Hanya 3 saja yang bisa saya kumpulkan informasinya, karena sudah sulit untuk menelusuri tradisi kuno yang tak tertulis ini, karena sumber-sumbernya sudah banyak dipanggil sang pencipta, yang tersisa hanya generasi-genarasi penerus yang sudah mulai beranjak modern dan sudah banyak melupakan tradisi kuno ini, moga dengan tulisan ini bisa jadi pengingat buat generasi muda singkep , bahwa betapa kayanya kita dengan adat-istiadat tidak tetulis yang perlu kita bukukan dan kita jadikan sebuah catatan untuk anak cucu kita kelak.

Kepada pembaca yang lain saya mohon maaf , tulisan ini hanya untuk melestarikan budaya yang tak tertulis, dan tidak ada maksud untuk hal-hal yang menyimpang , mohon mengenai hari-hari naas ini diabaikan saja.
Share/Save/Bookmark

Artikel Selanjutnya :



15 komentar:

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

met malam

tfd mengatakan...

nomor due tu mang betollah pak cik...

alamendah mengatakan...

(maaf) izin mengamankan KETIGA dulu. Boleh kan?!
Keprcayaan2 (mitos) Kek gitu ternyata gak hanya di Jawa saja, ya. diberbagfai tempat selalu ada meskipun dengan 'kreatifitas' yang berbeda

pasang iklan gratis mengatakan...

pasang iklan gratis
Mitos tetap Mitos

Rock mengatakan...

Menjelang magrib? Wahhh... baru tau nihhh...

AISHALIFE-LINE mengatakan...

Kadang apa yang di yakini mereka itu benar bro.

attayaya mengatakan...

kalo maghrib tak boleh duduk depan pintu, karena dahulukan ibadah, jangan nak maen2 aje

Eysa mengatakan...

Yang no 2 sama kayak tradisi di Bali juga Bang, Katanya Betari Kala sedang mencari cari bala... ^^^

achen mengatakan...

Yups neh, di silam pun demikian Mas, khususnya tentang yang di bulan shafar, biasanya seh dikhususkan pada hari rabu terakhir di bulan shafar, atau orang jawa imumnya menamai sebagai Rebo Kasan atau Rebo Pungkasan... He

buwel mengatakan...

Kalo di buwel mitos tentang dua hari menjelang pernikahan ada enernya juga tuh, Saat ntu khan saat yang vital untuk menentramkan pikiran, katanya kalo mo menikah pikirannya terkadang macam2 ya... :-)

TUKANG CoLoNG mengatakan...

meskii tampak cuma mitos tapi karena tradisi layak dipertahankan

catatan kecilku mengatakan...

Orang2 tua masih banyak yg berpegang pada hal itu kok Bang... di tempatku juga masih ada tradisi 'menghitung' dan menentukan 'hari baik' utk nikah. :D

the others.. mengatakan...

Lumayan buat nambah pengetahuan nih tentang adat dan tradisi di tanah air kita... :D

suleman arek sidoarjo mengatakan...

kurang 1 lg gan, yg saya tau,kl dijawatimur,sidoarjo
yaitu weton kita,atau tgl lhir kita dlm perhtungan jawa. Misalny rabu kliwon,ato senin wage. Jd kl pas hari weton qt, qt hrus hati2 dlm brtndak.krn hr itu dyakini hari sial ,ato dpt dkatkan apes bwt dri qt.tp cm pas weton qt aja.kan cm sebulan lg dtgny senin wage misalnya.

suleman arek sidoarjo mengatakan...

kurang 1 lg gan, yg saya tau,kl dijawatimur,sidoarjo
yaitu weton kita,atau tgl lhir kita dlm perhtungan jawa. Misalny rabu kliwon,ato senin wage. Jd kl pas hari weton qt, qt hrus hati2 dlm brtndak.krn hr itu dyakini hari sial ,ato dpt dkatkan apes bwt dri qt.tp cm pas weton qt aja.kan cm sebulan lg dtgny senin wage misalnya.

Copyright © Perencanaan masa depan