Home » » Awas Bahaya Permen Karet

Awas Bahaya Permen Karet

bagi anak-anak, kebanyakan dilarang makan permen karet. Alasannya, kalau tertelan, permen karet bisa membelit di usus. Menurut F.X. Wahyurin Mitano, memang kemungkinan tertelan patut diwaspadai orang tua ketika buah hatinya mengulum permen karet. Sebab, balita belum memiliki kemampuan mengulum permen karet sebagaimana orang dewasa. Apalagi, sampai mengeluarkan bubble besar. ''Bila tertelan, bukan membelit usus, tapi dikhawatirkan bisa memengaruhi saluran cerna anak,'' jelasnya.

Permen karet yang tertelan, lanjut ahli gizi dari RSUD dr Soetomo itu, memang keluar bersama feses. Sayang, permen karet tersebut tak akan sempurna tecerna oleh usus. ''Ada kemungkinan mengganggu sistem pencernaan. Parahnya, bisa juga mengarah ke komplikasi pada beberapa anak yang memang sistem pencernaannya rentan,'' katanya.

Perempuan yang akrab disapa Ririen itu tak menganjurkan orang tua membiarkan buah hatinya mengulum permen karet. Apalagi, sekadar coba-coba. Ada juga risiko balita tersedak. Terutama, bagi anak yang belum memiliki mekanisme mengunyah dan menelan makanan dengan baik. ''Anak belum bisa memahami sepenuhnya alasan permen karet tak boleh ditelan. Dipikir sama dengan jenis permen lain yang kenyal,'' tambahnya.

Yang patut dijadikan pertimbangan adalah bahan permen. Ririen memaparkan, permen karet biasanya dibuat dari pemanis, perasa, dan bahan sintetis (gum resin). Bahan tersebut akan menyulitkan tubuh untuk mencernanya. Terutama, ginjal.

Misalnya, warna merah dari rhodamin B atau permen berwarna kuning yang menggunakan metal yellow. ''Rhodamin B itu bahan pewarna tekstil. Tentu, bahan itu tak boleh dimanfaatkan sebagai pencampur makanan,'' jelasnya. Bila tak hati-hati, bahan tambahan tersebut memicu kanker.

Ada pula yang menggunakan sakarin. Gula buatan itu menghasilkan rasa sangat manis. Sebagian besar menimbulkan rasa pahit atau getir di lidah konsumen. ''Belum lagi tambahan bahan lain berupa asam organik yang memberikan rasa segar buah-buahan. Misalnya, asam sitrat,'' tuturnya. Bila berlebihan, lanjut dia, bahan tersebut membahayakan lambung
Share/Save/Bookmark

Artikel Selanjutnya :



3 komentar:

rental mobil di surabaya mengatakan...

makasih buat infonya, ternyata permen karet pun berbahaya juga untuk anak kecil ya...

Anonim mengatakan...

What a great resource!

Anonim mengatakan...

found your site on del.icio.us today and really liked it.. i bookmarked it and will be back to check it out some more later

Copyright © Perencanaan masa depan