Home » » Inilah Cendikiawan muslim Indonesia yang Terima Gelar Kehormatan dari Ratu Inggris

Inilah Cendikiawan muslim Indonesia yang Terima Gelar Kehormatan dari Ratu Inggris

Cendikiawan muslim Azyumardi Azra kemarin (28/9) menerima gelar kehormatan Commander of the Order of the British Empire (CBE) dari Ratu Inggris. Penghargaan itu diberikan karena mantan rektor UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, tersebut dinilai sebagai tokoh penting yang menjembatani hubungan di antara umat beragama di Indonesia.

Menurut Duta Besar Inggris untuk Indonesia Martin Hatfull, Azyumardi adalah cendekiawan muslim Indonesia yang telah mendorong pluralisme dan toleransi antarumat beragama melalui dialog antarumat beragama yang sering diadakannya.

''Profesor Azra merupakan tokoh kunci dalam toleransi antarumat beragama. Dia telah memberikan model baru dalam hubungan antara Indonesia dan Inggris, yaitu melalui hubungan antar keyakinan. Hal itu juga penting dalam melawan radikalisme dan ekstremisme,'' kata Hatfull ketika menyerahkan penghargaan di kediamannya di Jakarta kemarin.

Azyumardi yang lahir di Lubuk Alung, Padang Pariaman, Sumatera Barat, pada 4 Maret 1955, pernah menjabat salah satu ketua UK-Indonesia Islamic Advisory Group. Salah satu tugas lembaga itu adalah mempromosikan pemahaman antarumat beragama.

Mantan wartawan Panji Masyarakat itu merupakan orang pertama dari Indonesia dan di luar negara-negara Persemakmuran Inggris yang menerima penghargaan tersebut. Pakar sejarah Islam lulusan Columbia University, AS, itu merendah ketika mendapatkan ucapan selamat. ''Ini penghargaan buat kita semua, Mas,'' jawab bapak empat anak tersebut. (noe/c13/dwi/jpnn)(gambar : batampos.co.id)
Share/Save/Bookmark

Artikel Selanjutnya :



2 komentar:

alamendah mengatakan...

(Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
Selamat atas pengakuan dunia internasional pada karya dan pemikiran salah satu anak bangsa kita

TIANSHI Indonesia mengatakan...

Bravo...sukses untuk bapak azyumi...

Copyright © Perencanaan masa depan