Monday, June 6, 2011

Cara sablon kaos ala anak singkep ,Bag 1

Tulisan saya ini bukan karena saya sudah ahli dalam dunia sablon, tapi hanya sebuah catatan online buat diri sendiri , agar pikiran tidak mudah lupa dengan apa yang saya pelajari tentang dunia sablon manual dan saat ini Saya mendirikan sebuah usaha sampingan skala kecil dengan mendirikan usaha sablon dan bekerjasa dengan teman saya yang punya usaha sablon digital di batam. Dan usaha sablon saya , saya beri nama “d2g sablon” sekedar untuk menambah asap di dapur keluarga saya .

berdasarkan pengalaman saya ,Untuk memulai bergerak di dunia sablon terutama sablon kaos/baju, saya menyiapkan beberapa peralatannya yaitu :
peralatan utama :

1. Saya membeli 4 buah Screen sablon ukuran 30x40m
2. Tinta sablon ,hitam,merah,kuning,hijau,biru
3. Extender 1 botol ukuran 1/2kg
4. Pasta karet dasar putih dan pasta karet dasar warna gelap
5. ulano Tz tapi karena harganya agak lumayan saya menggunakan bremol tex
6. pembersih screen saya gunakan Ulano 5 dan sabun colek(jika tak ada ulano 5 saya menggunakan bayclin,jika bayclin tak mampu saya menggunakan kaporit dicampur soda api, jika tak mampu juga saya tendang kain screennya dan saya ganti yang baru menggunakan kain monil ,jika kepepet saya menggunakan kain argandi)
7. rakel 2 buah dan telah saya potong-potong menjadi beberapa bagian guna memudahkan saat menyapu tinta di atas screen
8. meja afdruk atau tempat pembuatan film sablon saya menggunakan meja ibu saya dan kacanya saya ganti dengan kaca bening ukuran 5mm dengan besar 40x50m dan di bawahnya saya kasi lampu 3 buah (masa afdruknya sekitar 20 menit)
9. meja sablonnya saya buat sendiri , satu meja menggunakan kaca yang di bawahnya saya kasi lampu (untuk menyablon dengan banyak warna dan motif yang saling menutupi) di bantu dengan penjepit kayu untuk melekatkan screen saat menyablon dan satu lagi meja dari triplek juga mengunakan penjepit kayu. Serta 8 buah triplek seukuran baju L dan M.
10. dalam pembuatan desain saya menggunakan laptop jadul saya, di bantu 4 aplikasi , Corel x5,corel x3 , photoshop Cs3,dan logo maker,AI dan 1 buah printer A4 , dan film sablonnya pakai kertas HVS yang saya lumuri dengan minyak goring.
11. Peralatan kecil-kecil yang tidak boleh di lewatkan adalah hedrayer (pengering rambut), strikaan,penyemprot pewangi baju, lakban,double tip, isolatip bening, plastik transparan , busa , sikat gigi bekas,kain lap, kartu perdana ponsel, sendok kayu atau kayu bekas es krim, gelas aqua bekas, beberapa piring kecil(untuk mencoba pencampuran pewarnaan),dll
12. Baju kaos berbahan cotton combet s20 (lembut dan sejuk di pakai) yang saya beli lewat internet di kaospolos.blogspot yang saya nilai pelayanannya sangat profisional sekali dan harganya juga terjangkau
13. Bersambung…………………………………………………………………………………….

10 comments:

papatiti said...

singkep berkarya, semangat sob ....

attayaya-safety said...

semoga usahanya berkembang
kalo pake gambar lebih yahuuud

Entertainment For You said...

wah, kreatif juga yaaa..
mantap deh kalo gitu..
sukses yaaa...

attayaya-tnbt said...

ayo semangaaaaat

NECKY said...

apa kabar orang singkep? lama tidak berjunjung nih

obinhut said...

Mantap bung usahanya, benar2 seorang enterpreneur..

Robin PayTren said...

Ngetes akun baru, tes tes tes...

Otaku said...

Tetap semangat jangan mudah menyerah...wujudkan segala apa yang ada cita²kan....

salam kenal

halocoy lifestyle said...

good share friend.. salam kenal.

obat tradisional penyakit gagal ginjal said...

teruslah semangat jangan menyerah...