Home » » Cara Mendapatkan Desain Rumah yang Murah

Cara Mendapatkan Desain Rumah yang Murah

Cara Mendapatkan Desain Rumah yang MurahSudut pandang tentang keindahan dan kemewahan tentunya perlu diperluas karena dalam desain rumah murah akan banyak menemui desain-desain yang tidak baku. Walau sebenarnya makna keindahan dan kemewahan ini, dengan eksekusi detail ruang dan material yang digunakannya, juga berlaku dalam arsitektur secara umum, bukan hanya untuk rumah murah.

Keindahan sebaiknya dilihat dari substansi mendasar terhadap perwujudan rumah. Ilustrasinya, secara umum orang lebih mudah melihat wanita cantik dari penampilan fisiknya. Namun bisa saja setelah kenal lebih dekat, ternyata wanita cantik tersebut memiliki sifat dan tabiat yang buruk.

Ada juga wanita yang dari penampilan luarnya terlihat sederhana, tapi ternyata memiliki pemaknaan yang sangat luas tentang kehidupan, keseimbangan alam, hubungan positif antarmanusia, serta nilai-nilai luhur yang berhubungan dengan kekekalan. Maka wanita kedua ini dapat kita pandang sebagai keindahan, yang lebih dalam nilainya daripada sekadar kulit atau kosmetik.

Dalam konteks rumah, substansi keindahan dapat berupa pemanfaatan material daur ulang, kemudahan perawatan, kemudahan pembuatan, penghematan material, sikap ramah lingkungan,dan lain-lain. Kemewahan sebaiknya dilihat dari kualitas ruang-ruang yang terbentuk, bukan dari mahalnya material yang digunakan. Kehadiran ruang keluarga yang cukup luas dengan ventilasi dan cahaya alami yang cukup, misalnya, merupakan kemewahan bagi sebuah rumah murah.

jadi Untuk mendapatkan ,desain rumah yang murah dan menarik, rumah murah tak harus kumuh. Desain dan material memegang peran penting. Fungsi arsitek dibutuhkan untuk membantu pemilik rumah merealisasikannya. Untuk berbagi pengalaman dalam mendesain beberapa rumah murah, baik yang sudah terbangun, yang sedang dibangun, maupun yang masih dalam proses desain.

Tentunya pengalaman mendesain rumah murah ini tidak dapat menjadi acuan akhir. Namun ini sebagai pemberi dorongan semangat bagi mereka yang ingin membangun rumah dengan biaya terbatas, juga bagi penulis untuk terus bereksplorasi mencari inovasi desain rumah murah yang semakin baik. Ini karena arsitektur juga milik masyarakat luas, bukan hanya untuk melayani kalangan mampu.

Perjalanan mendesain rumah-rumah murah ini dirasakan cukup rumit, dengan biaya konstruksi antara Rp800 ribu sampai dengan Rp1,8 juta per meter persegi, dengan luas rumah kurang dari 150 meter persegi. Walaupun demikian, ternyata melalui berbagai eksperimen yang terus-menerus, rumah murah pun dapat memiliki eksplorasi alternatif desain yang tidak terbatas.

Karena itu, rumah murah dengan bantuan desain arsitek dapat menjadi alternatif yang potensial bagi kepemilikan rumah tanpa mengurangi keanekaragaman identitas dan kebutuhan pemiliknya dibandingkan dengan rumah seragam yang dibangun melalui developer.

sumber : http://tanjungpinangpos.co.id/2011/07/trik-mendapatkan-desain-rumah-yang-murah/
Share/Save/Bookmark

Artikel Selanjutnya :



0 komentar:

Copyright © Perencanaan masa depan