Saturday, April 13, 2013

Budidaya Ikan Koi Dikolam terpal (skala rumahan) bag.2

melanjutkan postingana saya terdahulu tentang Budidaya Ikan Koi Dikolam terpal (skala rumaha)
awalnya, saya cuma ingan coba-coba saja budidaya ikan koi ini dan ikan koi yang saya coba budidayakan itupun hanya ikan koi kelas bawah saja . niat awalnya hanya untuk mencari bibit koi yang berkualitas (gara-gara internet sering baca tentang koi kelas show, jadinya pengen dan mau beli yang kualitas bagus harganya mintak ampun untuk kantong saya) karena yang ada di kolam saya sekarang koi nya kelas kolam.

nah , niat breeding(pemijahan) pun mulai didukung dengan adanya indukan milik saudara saya yang sudah buncit perutnya  yaitu koi jenis koromo (betina),koromo (jantan), kohaku (jantan) saat brending pertama, brending kedua yaitu koromo (tantan),  2 ogon (jantan),showa(betina) ,kohaku(betina) ,(katanya sih asalnya dari malaysia dan singapura  ) yang sizenya sekitar lebih kurang 50cm lebih (saya tidak menggunakan ikan koi saya karena sizenya masih kecil sekitar 30cm dan belum ada yang menggendong telur)  .tak menunggu lama niat itupun saya lakukan dengan membangun 1  kolam terpal ukuran lebih kurang 1,8 x2 m kedalam airnya sekitar 30cm . tak lupa sebelum membangun kolam terpal itu bawahnya saya taruh pelepah pisang yang katanya bisa menstabilkan suhu air dan air pertamanya saya kasi garam ikan dulu .
setelah semua persiapan sudah oke , saya masukkan tali rafia yang telah saya suir-suir dan saya bentuk seperti kakaban yang terbuat dari ijuk , tak lupa juga saya kasi beberapa tanaman air kapu-kapu dan kabomba. lalu saya pasang mesin akurium ukuran kecil untuk membuat riak air(mesin ini nanti saya angka apabila koi saya sudh memijah) juga saya pasang aerator agar nanti saat koi mulai memijah tidak kekurangan oksigen dan juga untuk mempermudah penetasan telur,dan kolam terpal itu saya tutup dengan paranet agar koi tidak meloncat keluar

setelah semua beres pemijahan pertama saya menggunakan indukan koi jenis koromo (jantan dan betina) dan kohaku jantan . sorenya saya mulai menangkap indukan koi dari kolam saudara saya itu dn saya masukkan kekolam terpal tadi. sekitar jam 5 sore saya mulai memanupulasi keadaan di kolam terpal itu dengan membuat seolah-olah hari hujan dengan mengucurkan 3 ember air ditas kolam tersebut. dan sekitar jam 6 sore saya masukkan 1 sendok putih telur untuk meragsang ikan koi itu agar mau memijah....

bersambung dulu ya................................

No comments: