Sunday, March 27, 2011

Alat-Alat Sablon Sederhana

saat ini saya sedang menjalani hobi baru saya yaitu belajar nyablon kaos yang semuanya saya pelajari lewat internet saja (beranikan diri mencoba-coba), tanpa di pandu oleh ahlinya dan alhamdulillah dalam 23 hari saya sudah bisa mengikuti apa yang telah tertulis oleh ahli sablon di internet . dalam belajar sablon kaos ini saya cuma menggunakan beberapa alat sablon sederhana saja diantaranya :

1. Alat-Alat Sablon Sederhanabahan-bahan sablon seperti Bremol Tex (bukan ulanao TZ karena Bremol ini harganya lebih murah dari ulano tz)sebagai bahan pembuat filmnya, pasta karet putih,sari warna ,tinta warna (biru,merah,hitam,hijau,kuning), Ulano 5 untuk mencuci screen sablon, Rakel penyapu tinta ke kaos (telah saya potong menjadi 3 bagian),semprotan pewangi baju , gunting, pisau lipat,lakban,isolasi bening, busa untuk menutup screen saat pembuatan film dan juga kaca hitam .(lihat gambar)

2.Alat-Alat Sablon Sederhana foto kedua yaitu 3 buah screen dimana 1 saya beli dengan ukuran 30x40 dan yang kedua screen itu saya buat sendiri dengan menggunakan kain argandi khusus untuk membuat screen, lalu 1 buah hairdrayer dan strika milik istri saya yang gunanya hairdrayer untuk mengeringi screen saat proses pembuatan bahan film, srika gunanya untuk menyetrika hasil sablon agar tahan dan tidak luntur saat dicuci


3. foto ke 3 ini adalah meja afdruk yaitu tempa pembuatan film sablon, karena modal kurang meja ini saya buat dari meja ibu saya yang tidak terpakai , dan kacanya saya ganti dengan kaca lemari baju saya , lampunya saya menggunakan neon bola lampu biasa sebanyak dua buah dimana waktu pencahayaan film sablon saya saya membutuhkan waktu 20 menit .

4. sablon kaos singkep, foto yang ke 4 ini adalah 2 buah kuda-kuda untuk proses menyablon baju, 1 buah meja kecil yang saya buat sendiri, dan satu buah rangka triplek besar dan kecil(ukuran baju L dan M) untuk masuk kedalam kaos agar tidak merembes saat di sablon





5. belajar sablon kaos foto ke 5 ini adalah laptop dan printer cannon saya (bukan plinter laserjet) , kertas HVS,Kertas Kalkir sebagai pembuat master atau film mentahnya.









6. yang ke 6 ini yang sering jadi omelan istri saya , karena beberapa helai kaos saya jadi korban saya saat belajar nyablon.

19 comments:

PERCETAKAN DAN SABLON TERBESAR DI INDONESIA said...

Semoga Sukses Mas Dino.

Sudinotakim said...

Makasih kang..

catatan kecilku said...

Sedang belajar nyablon ya? mau bisnis sablon nih ceritanya?

the others.... said...

Dengan peralatan sederhana ternyata bisa menghasilkan karya sablon yg bagus juga ya ternyata?

place to study said...

Kok kayaknya ribet gitu proses nyablonnya..?

jejak langkahku said...

PAmerin dong hasil sablonannya.. :D

attayaya_plastik said...

walau kena omel bini....
maju tterus pantang mundur...
ntar bertuah pesan baju ke singkep aje

Ello Aris said...

ternyata, alat-alatnya cukup mudah didapatkan disekitar kita ya....

DEMO PSSI said...

Diomelin istri bang dino, lebih baik omelin PSSI bang dino.

rendratwa said...

jgn mnganggap sesuatu yg sulit itu adlh mustahil, bila menganggapnya mungkin, maka anda bisa mencapainya....mga sukses sobat.

albertus goentoer tjahjadi said...

wah... moga sukses ya mas...

Firaun NgebLoG said...

numpang nanya nich,
klo wajah ane disablon bagus ga yach?.... :D

cerita dewasa said...

Makasih bang info alat2 sablon sederhananya.... bermanfaat

attayaya-plastik said...

ayo semangaaaaaaaaaaat

attayaya-open-web said...

met siang singkep
keep smile

AeArc said...

wkwkwk.. susah tuh bikinnya

basir Annas said...

mantaps gan :D

Yanuar Catur said...

ayooo nyablonnnnnn
hehehee

rendratwa_cemara beach said...

lakukan ap yg km bsa, dgn ap yg km pnya... di mna pun km brda, sukses sob