Home » » Remaja dan waktu luang

Remaja dan waktu luang



Dalam kehidupan keluarga sering kita dengan kata-kata marah orang tua terhadap anak remajanya seperti : " tiap waktu kerja mu hanya browsing,chatting, ngadapi komputer melulu gimana nilaimu mau bagus"
"jadi hanya bermusik saja kesukaan mu,mau jadi apa kamu nanti? Lihat tu si A nilainya bgs bla..bla..,nada semacam itu sering terdengar oleh kita orang tua yang mengomeli kelakuan anak remajanya.
Remaja adalah masa yang penuh kobaran api..eh maksudnya masa penuh semangat dan dipenuhi rasa keingin tau'an. Jika sang remaja mengisi waktu luangnya dengan hal-hal positif adalah hal yang sangat wajar. harus diingat pengisian waktu luang bagi para remaja,pertama-tama merupakan kewajiban orang tua, dikarenakan orang tua paling banyak mengetahui tentang kebutuhan dasar anak-anaknya,sebaliknya adalah sangat ganjil sekali bahwa orang tua terlalu tenggelam didalam kesibukan-kesibukannya, sehingga yang sempat terpikirkan mungkin hanya pendidikan formil sianak dan kebutuhan materiilnya.
Salah satu penyebab kenakalan remaja adalah karena waktu yang terluang tidak dipergunakan atau diisi sebaik-baiknya atau memang tidak ada wadah untuk menyalurkan ketegangan-ketegangan dalam diri remaja tersebut. Pengisian waktu terluang dengan kegiatan-kegiatan yang produktif akan dapat memperkecil peluang masuknya unsur-unsur negatif didalam perkembangan jiwa para remaja tersebut. Harus diakui remaja itu tidak mau terlalu diawasi,akan tetapi juga belum mau dilepas begitu saja.biarkan mereka menjalani cara-cara mereka, walau menurut ukuran orang tua dan orang-orang yang sudah tua adalah aneh, belum tentu merupakan suatu penyimpangan. Oleh karena itu biarkanlah mereka mengembangkan daya kreativitasnya,berusahalah untuk mengerti atau memahaminya.jangan pernah memaksakan kehendak kita sebagai orang tua,karena sesuatu yang dipaksakan akan berakibat buruk dikemudian hari.




Share/Save/Bookmark

Artikel Selanjutnya :



2 komentar:

www.katobengke.com mengatakan...

yah gtu lah dunia remaja tekadang aneh.....
ada teman aq skarang dah ampun deh.....
so dulu cool bangat and sekarang ancor bangat katanya sih gaul...
tapi gaul kok mau ampe digauli....

reni mengatakan...

Remaja memang masa transisi dari anak-anak ke dewasa. So, banyak muncul masalah pada masa ini.
Skrg ortu emang kudu ekstra mengawasi dan mendidik putra putrinya agar jangan sampai salah langkah.

Copyright © Perencanaan masa depan