Monday, November 9, 2009

waktu yang membawa trafik

Hari sabtu kemaren saya menguji kekuatan sebuah judul dan membuat sebuah postingan yang memancing keramaian dan rasa penasaran postingan blog ini di bongkar habis-habisan. Rupanya memang benar judul sangat efektif untuk memancing penasaran rekan dan pengunjung , dimana judul memberikan nilai tambah bagi sebuah postingan. Dalam ilmu seo penulisan judul merupakan aspek terpenting dan tentunya harus di barengi dengan isi yang sama, Hal ini terkait dengan waktu dan kesetian para pembaca kita , jika membuat judul yang menarik tapi isinya berbeda bisa membuat para pembaca jadi tidak mau datang lagi .

Tidak saja judul, Para pakar seo spanyol pernah penganalisa bahwa waktu berpengaruh pada trafik. Seperti lamanya umur blog dan waktu publikasi. Semakin tua umur blog itu semakin tinggi keramahan mesin pencari terhadap blog kita. Sedangkan waktu-waktu publikasi artikel juga harus pintas-pintar di pilih . Karena punya pengaruh terhadap trafik seperti kapan saat yang tepat buat publikasi? Artikel apa yang cocok di bahas untuk hari-hari tertentu?. Siapa saja target pembaca kita? Hari sabtu dan minggu cocok memposting apa? Libur nasional cocoknya menulis apa? Dan banyak lagi tapi semua itu harus sedikit banyak menyentuh tema blog kita jadi tidak terkesan hanya mencari trafik atau istilahnya nembak keyword.

Mengenai masalah waktu, terkadang kita salah mengartikannya. Selalu berharap hari ini di posting, hari ini juga harus tampil dan dibaca banyak orang . Sehingga jika tidak ada pembaca timbul perasaan kecewa dan malas untuk mengelola blog kita. Padahal jika mau bersabar dan konsisten dalam mengisi blog lambat laun mesin pencari pasti menghargai kehadiran kita dan itu sudah ada faktanya.

terakhir kita tidak bisa menentukkan hal apa saja yang disukai pengunjung untuk memancing keramaian , jadi tetap berusaha untuk jadi yang terbaik, jaga semangat ngeblog , buat apa saja yang menurut kita bermanfaat dan sukai , biarkan waktu yang menentukan berhasil atau tidaknya kita.

"Happy blogging"

20 comments:

Unknown said...

hmm..nambah ilmu lagi nih. makasih ya...saya kalo nulis artikel juga gak pernah mikir ini bakal dikunjungin apa enggak gitu. tapi judul memang berpengaruh. makanya mesti buat yg eye catching ya.

rizal said...

bener bang aku terkadang nulis judul nggak ngitung masalah itu karena memang nggak kepikiran ampe kesitu...
makasih yang infonya lain waktu aku akan mempertimbangkan dalam penulisan judul..

pengen juga blog aku kayak blog abang

sibaho way said...

kalo judul ala list post itu masih laku gak bang? kayak, 10 wanita idaman wanita... :)

Ferfau said...

klw aku sih biasanya nulis isi postingan dulu baru mikirin judul, tapi kalau kata ndoro kakung, mikirin judul dulu baru nulis isi posting... huhuhuhu....

rumah blogger said...

memang benar, bagaimana caranya judul itu harus bersentuhan dann berhubungan dengan isi postingan. mantap mas share pengalamannya

sabirinnet said...

terima kasih sekali atas ilmu pengalamannya, sangat bermanfaat apalagi bagi saya yg masih baru ini..thanx sukses yaa

alamendah said...

Kalau pengalaman saya pribadi, ketika mempublish postingan dijam-jam sibuk 17.00-21.00, tulisan saya cepat sekali keindeks google. Dalam hitungan menit, halaman utama sudah keindeks. Dan gak sampai setengah jam, giliran halaman post juga keindeks.
Apa dugaan saya ini betul? dan ada yang mengalami hal serupa.

santai sejenak said...

banyak juga sih blogger2 yang cukup umur dan tersohor akibat waktuyang tepat ketika merka muncul :)

Anonymous said...

Suatu ide yang menjadi wawasan ..

KangBoed said...

Bener bener manstaaaabbbss

KangBoed said...

RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk
MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA
Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank
I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

Laksamana Embun said...

Berkat postingan akang yang sebelumnya saya juga membongkar blog saya habis2an..

Kita di dalam harus pandai2 di ibarat kan seorang pengusaha yang mempunyai tak tik yang jitu buat mendapat kan suatu proyek.....

KangBoed said...

maaf lama enda mampir.. lama enda bw

Nyubi said...

setuju banget mas Dinoe

Nyubi Information said...

makasih mengingatkan Nyubi yang kadang "penasaran" hahaha

Financial Adviser said...

hehehe...
mantap juga tuh bro
makin tua makin disayang ama om gugel

berita unik said...

judul posting menarik dapat bikin penasaran
nice thinking before posting

elistadyon said...

memang dari judul saja orang merasa tertarik atau tidak,selamat sore mas dinoe

zujoe said...

ulasannya lengkap mas... jadi *sok* ngerti *manggut manggut* tapi kadang agak susah juga sih nemuin ide yang pas dan content dan judul yang klop hahaha...

Nyubi said...

bener banget mas Dinoe :)