Thursday, April 2, 2009

Andai

Andai saya dicela, maka saya akan belajar jadi penuduh.

Andai saya selalu dimusuhi maka saya belajar pandai berkelahi

Andai saya selalu dihina maka saya belajar jadi pemalu.

Andai saya selalu dipermalukan maka saya belajar merasa bersalah

Andai saya selalu disabari maka saya belajar jadi sabar

Andai saya selalu diberi dorongan maka saya belajar jadi yakin

Andai saya selalu dihargai maka saya belajar untuk menghargai

Andai saya selalu diperlakukan semestinya maka saya belajar jadi adil

Andai saya selalu merasa aman maka saya belajar punya kepercayaan

Jika saya selalu dibenarkan maka saya belajar mencintai diri sendiri

Andai saya selalu diterima dengan hati terbuka dan persahabatan maka saya belajar mencari kecintaan didunia ini.

Lingkungan adalah tempat manusia mempelajari tentang hidup dan dirinya, apapun efek yang diciptakan lingkungan sedikit banyak berpengaruh pada manusia

2 comments:

the beauty of riau said...

Andai ku menjadi superstar, andai dan andai semua yg sobat dinoe sampaikan adalah filosofi yang sangat baik dan alangkah baiknya jika bersikap demikian dan lebih baik lagi kita menjadi diri kita sendiri tanpa berandai menjadi ini maupun itu.

kakara said...

Berandai sangat jauh lebih baik dibandingkan hanya diam.. :)