Home » » Lesung Batu Abad 18 Ditemukan

Lesung Batu Abad 18 Ditemukan

Lesung Batu Abad 18 Ditemukanselasa 6 juli 2010 , LINGGA - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Lingga kembali menemukan peninggalan sejarah berupa Lesung Batu yang katanya berasal dari abad 18 sejak zaman kesultanan Lingga dahulu. Lesung batu ini berfungsi untuk menumbuk/menghaluskan bunga ilalang.

Benda sejarah yang beratnya kurang lebih 100kg ini sudah berada di museum mini Linggam Cahaya Daik Lingga. Lesung batu ini didapat dari seorang warga bernama Saleh Ibrahim dari Tanjung Tungga Desa Penuba Kecamatan Lingga. Lesung ini sudah dari turun temurun ditemukan dari keluarga Saleh Ibrahim.

Penemuan ini pertama kali sejak dari moyangnya pak Saleh Ibrahim tepatnya di pulau Nopong Desa Benan Kecamatan Senayang, setelah keluarga ini pindah ke Penuba makanya barang bersejarah ini dibawa ke Penuba, kisaran lesung batu ini berasal dari abad ke 18. Tersiar kabar juga kalau Lesung ini memang dibawa dari Tiongkok Cina untuk dibawa kekerajaan Lingga, Ungkap Lazuardy salah seorang staff Museum menjelaskan kepada terkininews.com.

Lesung batu ini baru beberapa hari ini diletakkan di museum setelah mendapatkan izin dari keluarga Saleh Ibrahim untuk diselamatkan, karena ini salah satu cagar budaya yang harus dilestarikan tambah War panggilan akrab Lazuardy.

Bagi yang berminat untuk melihat benda-benda bersejarah dari kabupaten Lingga, segeralah kunjungi museum mini Linggam Cahaya Daik Lingga.***

sumber berita : http://www.terkininews.com/detail.php?id=1870
Share/Save/Bookmark

Artikel Selanjutnya :



0 komentar:

Copyright © Perencanaan masa depan