Home » » Tips mengganti template dan mengeditnya

Tips mengganti template dan mengeditnya

Maaf judul tulisan saya ini "tips mengganti template dan mengedit tempalate" terlalu berlebih-lebihan, sebenarnya ini hanya mau nembak keyword saja dan tulisan ini tidak bermaksud sok pintar atau apa, karena saya sadar saya ini seorang newbie yang baru bisa ngeblog dan bukan siapa-siapa dalam dunia blog ini, hanyalah anak kampung yang baru melek internet, jadi buat para master jangan ditertawakan ya…….

Mengenai tips untuk mengganti tempalate blog pertama-tama yang harus dilakukan adalah:

Pertama mencoba template yang kita pilih ke blog dummy(blog cadangan) kita dulu dan disanalah kita bisa dengan leluasa mengutak-atiknya dan jika terjadi error tidak masalah . catat setiap langkahnya dan jika kita menambah semacam kode-kode html atau url jpg, gif dan lain-lain kita copy dan simpan di notepad agar mudah kita menempatkannya nanti jika sudah mengedit di blog utama kita.

Kedua untuk bahan referensi serta perbandingan untuk mempercantik tempalate kita buka blog-blog yang kita anggap menarik atau cara terbaiknya yaitu membuka demo tiap free template yang kita suka “curi” gambar , gif, atau apalah yang kita mau dan kita anggap menarik , misal jpg,gif diheadernya, atau siderbarnya, atau juga footer untuk kita isi kedalam tempalate kita.

Ketiga jika kita rasa sewaktu percobaan diblog dummy itu sudah pas dihati dan tak bermasalah lagi maka sebelum mengganti pada blog utama siapkan dulu atau akses dulu beberapa blog yang menyediakan tutorial buat readmore, related post karena kedua hal itu penting untuk diisi di tempalate.

Terakhir , ikuti semua langkah-langkah yang pernah kita buat tadi secara teratur maka , pergantian template di blog utama kitapun tidak perlu memakan waktu lama dan akan berjalan dengan lancar. Dan hal ini tidak mengganggu pengunjung yang sedang mengakses blog kita.

Untuk trik mengedit tempalate sebelum menempatkannya diblog utama :

  • Siapkan dulu dua template yang berlain , yang satu untuk blog kita yang satu lagi untuk mengambil script yang ada didalamnya usahakan template ini sama-sama dari satu situs karena rata-rata kode yang ada di sana hampir sama walau tampilan templatenya berbeda jadi memudahkan kita memindahkan script yang ingin kita tambah ditemplate kita.
  • Gunakan dummy blog dulu agar tidak berisiko jika salah.
  • Mengenai cara dan tutorial merubah header, siderbar, footer, bisa anda cari di google , karena blog para master banyak menuliskan tentang tutorial ini.


  • Semoga bermanfaat…………………………………
    Share/Save/Bookmark

    Artikel Selanjutnya :



    10 komentar:

    a-chen mengatakan...

    Wagh, makasih Mas Tutorialnya.... Semoga saya bisa mengedit templet dengan baik neh....

    buwel mengatakan...

    Hmmmm, mungkin saya suka pusing kalo mengganti templet, nambah2nya lagi yang males....tapi dengan tips ini tentu bisa mempercepat pengggantian templetnya ya...

    dwina mengatakan...

    dari dulu diriku kok gak pinter2 juga ganti templet. napa yah...

    kurang belajar nih.
    makasih infonya bisa nambah2 pengetahuan

    sukses ya bang

    Osi mengatakan...

    Bener n setuju banget dgn masukannya...sy jg lakukan hal yg sama

    Terima kasih telah berbagi di sini

    rizal mengatakan...

    thank bang, saya termasuk orang yang suka gonta-ganti template..hee..hhee

    sewa mobil mengatakan...

    thanks sudah berbagi info dan tip nya teman
    salam

    Kang Sugeng mengatakan...

    Sip Kang... tipsnya sama percis seperti yg biasa saya lakukan

    Kabasaran Soultan mengatakan...

    nice info...

    NURA mengatakan...

    salam sobat
    wah tepat mas DINOE,,
    saya waktu ganti template,juga menyiapkan blog satunya, untuk menyimpan widget,agar tidak hilang.
    trims tipsnya mas,,

    attayaya mengatakan...

    mantaaaaaaaaaaaaaaap...
    jiahahahaha....

    Copyright © Perencanaan masa depan