Home » » JATIDIRI MELAYU

JATIDIRI MELAYU

Tulisan saya ini hanya untuk melestarikan budaya istilahnya "takkan melayu hilang dibumi" pengertian orang tentang "Melayu" menimbulkan beberapa tanggapan, dan sering dicampurbaurkan. Kekhwatiran terhadap penyimpangan tersebut beberapa pemuka adat Melayu, antropologi,sejarawan bergerak untuk mempublikasi cerita sejara Melayu tentang nenek moyang yang mendiami wilayah Thailand Selatan, Singapura, Brunai,Malaysia,Kalimantan Barat,Aceh Timur(Temiang),Riau,Kepulauan Riau,Jambi,Pesisir Palemban dan pesisir timur Sumatra Utara seorang sejarawan Tuanku Luckman Sinar Basarshah,II,SH,ALHAJ tentang "jatidirimelayu" menyebutkan salah satu nama "Melayu" berasal dari kerajaan melayu purba. Sesuai yang tertulis pada Kronik Dinasti Tang dicina. Sudah ada tertulis nama kerajaan disumatera yang ditulis dalam aksara dan aksen Cina yaitu kerajaan"MO-LO-YUE"pada tahun 644 dan 645 Masehi.
Bebera sarjana menyatakan berlainan adapun sebagian besar bersependapat Kerajaan Melayu terletak diHulu Sungai Jambi(sungai batanghari) penulusuran dari ekskavasi kepurbakalaan banyak ditemukan reruntuhan candi, patung-patung dan barang-barang kepurbakalaan lainnya yang cukup tua usianya.
(Sumber: tab. kemilau Melayu)


Share/Save/Bookmark

Artikel Selanjutnya :



3 komentar:

bang fiko mengatakan...

Semoga sejarah bisa terkuak. Dimanapun keberadaan Kerajaan Melayu tua tersebut, mush-mudahan tidak membuat perpecahan diantara kita.

attayaya mengatakan...

Laksemana Hang Tuah

Tuah sakti hamba negeri,
Esa hilang dua terbilang,
Patah tumbuh hilang berganti,
Takkan Melayu hilang di bumi.

melayu nusantara mengatakan...

Assalamu alaikum wr,wb..

Salam Semenanjung Melayu


saya setuju mari kita lestarikan dan pertahankan jati diri melayu.....


Salam Kenal
Melayu NUsnatara

MNCenter

Copyright © Perencanaan masa depan