Home » » Cara mencegah maling masuk kerumah dengan lesung batu

Cara mencegah maling masuk kerumah dengan lesung batu

Cara mencegah maling masuk kerumah ketika rumah kosong menurut tradisi kuno yang masih sering di lakukan ibu saya cukup dengan menaruh lesung batu(wadah membuat sambal) diisi air lalu di taruh di tengah-tengah rumah. Entah apa hubungannya sebab cara kuno itu bisa mencegah maling saya pun tidak tahu, tapi yang jelas udah 30 tahun rumah ibu saya tidak pernah kemalingan walau di tinggal kosong bila keluarga berangkat-berangkat keluar kota.

Itu cara kuno dan tidak bisa di jadikan cara efektif , yang jelas jika kita mau meninggalkan rumah dalam keadaan kosong yang harus kita lakukan pertama :

Periksa semua pintu-pintu dan jendela pastikan semuanya telah terkunci dengan benar .

Periksa peralatan listrik apakah semuanya udah mati dan cabut kabelnya dari kontak listrik jika masih tersambung. Dan juga Periksa kompor gas di dapur dan jauhkan benda-benda yang mudah terbakar darinya.

Hidupkan semua lampu dirumah teruma yang ada di sekeliling rumah agar maling enggan masuk karena suasana rumah terang benderang walaupun kita tidak di rumah.

Tutup semua pintu pagar yang ada dirumah.

Jika meninggalkan rumah dalam waktu yang lama , beritu tahu perangkat pengamanan daerah kita tinggal seperti hansip, peronda malam atau satpam perumahan , kalau perlu beri mereka tip untuk selalu mengecek atau mengontrol keadaan rumah kita .

Semoga cara sederhana ini ada manfaatnya.

Sumber foto : belibuy.blogspot.com
Share/Save/Bookmark

Artikel Selanjutnya :



35 komentar:

alamendah mengatakan...

(maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
Ngidupin lampu? jadi boros listrik, dong...

sauskecap mengatakan...

hmmm.... kok bisa?

alamendah mengatakan...

(maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
Saya paling cukup dengan mengunci pintu saja.

prim mengatakan...

lha...kalau malah hansipnya.. gimana dong..

NanLimo Bertuah mengatakan...

wow... ini cara paling klasik bg,.,,, nenekku juga begini... hhhehhehe...

Tour, Food, and Health mengatakan...

hahaha...lesong batu...!!! kalau rumah kami tak dikunci pon tak pe..nak ditinggal-tinggal pon tak ade yang minat masok..soalnye tak ade bende..

Agung Aritanto mengatakan...

bisa di coba neh

attayaya mengatakan...

kata emak,
kalo ada maling, ntar lesung itu akan berbunyi seperti ada orang di dalam rumah
nah malingnya ga jadi masuk deh

ivan kavalera mengatakan...

Nenekku almarhum seingatku juga pernah melakukan tradisi ini. Ternyata memang ampuh.

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wah, kirain lesungnya utk jitakin maling yg masuk. hehee

Abdul Hafizh mengatakan...

Yah,, saya setuju sama tips yang kedua sob ..
Secara saya gak percaya ama mitos kayak gitu .. ^

Ratasoe mengatakan...

Wah bleh ny sob dcoba tipsx hehe..trims ya

rizal mengatakan...

bang dinoe ini selalu ada saja trik kuno..
makasih bang

Dheny Gnasher mengatakan...

Hmmm... zaman baheula memang sangat terkenal dengan mitosnya.

Rock mengatakan...

Pakai lesung batu emang bisa ya mas?

ozzys blog mengatakan...

@cara yang pertama : mungkin karena maling nya hobby sambal, jadi kalo ditaruh itu di tengah ruangan, maka si maling ga jadi maling barang, eh malah bikin sambel deh :D

@cara yang kedua : ditambahin alarm mas, disamping aman, kalo alarm nnya dengan bunyi-bunyian yang serem kabur deh maling nya

joe mengatakan...

wah, kok pengalaman banget sih, jangan-jangan dulu ..... (bercanda boss... pisss)

ajie mengatakan...

Owh Gitu ya tHx infonya

Anonim mengatakan...

gitu ya mas thx infonya

dafiDRiau mengatakan...

kok, bisa y mAS Lesungnya bunyi sendiri seperti ada orang di rumah!!!

Herdoni Wahyono mengatakan...

Biasanya dikala hari lebaran banyak rumah yang kosong ditinggalkan oleh pemiliknya untuk mudik. Biasanya di surat kabar atau televisi muncul berita 'rumah kosong dibobol kawanan pencuri'. Karena itu disamping tips diatas tentunya cara yang kuno ini (lesung batu wadah membuat sambal diisi air lalu ditaruh di tengah rumah) patut untuk dicoba dengan memohon kepada Tuhan agar aman dan selamat dari pencurian. Trims sharingnya sobat.

achen mengatakan...

bisa di tiru neh tips kunonya, thanks neh mas...

buwel mengatakan...

Sip Mas, maaaf baru berkunjung...

PRof mengatakan...

Klo aku kunci pintu, jangan lupa titip ke tetangga klo perginya lama...

Lampu yang menyala di siang hari justru memberitahu maling jika rumah dalam keadaan kosong. Sebaiknya gunakan lampu dengan switch otomatis.:D

catatan kecilku mengatakan...

Cara kunonya ajaib juga Bang... hehehe
BTW, sekarang ada warna coklat di templatenya (kotak komen) aku suka... :D

the others mengatakan...

Thanks utk info dan tipsnya Bang..

NIRMANA mengatakan...

dijamin maling ga bakalan bisa masuk rumah,,,nice tips

munir ardi mengatakan...

unik sekali tipsnya mas , semoga rumahnya akan terus begitu aman selamanya

blogger Bumi lasinrang mengatakan...

SELALU MENEMUKAN PENGETAHUAN PENTING SETIAP BERKUNJUNG kesini sob thanks ya

7 taman langit mengatakan...

tips yanh sangat bagus utuk diterapkan
terima kasih sudah berbagi tips yang bermanfaat ini

Kalbu mengatakan...

Jadi lebih tenang meninggalkan rumah...

attayaya mengatakan...

jangan lupa untuk ngeronda juga ya

AeArc mengatakan...

jadi cara yg pertama ga perlu nih gan? hehe

Ketawa Bersama Oby mengatakan...

iya... dulu oby juga pernah denger dari ibu
mitos jawa mang aneh2 tp manjur lho kak
ehhehehe

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Makasih banyak atas Tipsnya Kang..

Copyright © Perencanaan masa depan