Home » » Tips memilih jurusan diperguruan tinggi setelah lulus smu

Tips memilih jurusan diperguruan tinggi setelah lulus smu

Tips memilih jurusan diperguruan tinggi Ujian nasional sudah berakhir dan menghasilkan lulusan-lulusan yang bakal menuju jenjang perguruan tinggi atau masa kuliah maupun yan memilih untuk bekerja. Bagi yang mau melanjutkan kejejang perguruan tinggi sudah saatnya memikirkan jurusan-jurusan yang bakal di pilih nantinya . tak semua siswa bisa masuk ke perguruan tinggi negeri , atau tidak terpilih sebagai siswa undangan atau yang tidak lulus ujian UNPTN Untuk itu saya ada sedikit saran bagi yang lagi bingung memilih jurusan di perguruan tinggi yang akan di jalani untuk menggapai masa depan, yaitu :

1. Karena masa kuliah itu memakan waktu yang lama, maka Tanya dulu pada diri kita sendiri apa yang jadi minat kita , jurusan apa yan kita sukai dan yang mampu kita kuasai , apa yang kita bisa karena dengan memilih jurusan yang berdasarkan kemauan , maka semangat kita untuk menjalani dunia perkuliahan itu akan terasa enteng dan kita tidak merasa terbebani, jika masih bingung juga menenentukan pilihan, bagi orang islam laksanakan sholat tahajud untuk meminta petunjuk dari Allah SWT

2. Jangan penah mengikuti jejak orang lain, jadilah diri sendiri, karena sifat ikut-ikutan tidak akan bertahan lama yang akan membuat kita putus di tengah jalan.
3. Sebelum benar-benar memilih jurusan kuliah khususnya perguruan tinggi swasta, pelajari dulu latar belakangnya, sudah terpecaya atau lihat apakah lulusan perguruan tinggi disana menjanjikan atau tidaknya untuk masa depan kita.

4. Cara info lewat para kerabat kita yang pernah kuliah, tanya mereka semua hal yang menyangkut tentang masa kuliah tesebut,serta tanyakan apa saja yang bisa kita jadikan patokan dalam memilih serta mempersiapkan hal-hal yang harus ada

5. Lihat keuangan keluarga kita, jangan memaksakan keadaan , pilihlah jurusan atau perguruan yang terjangkau oleh keuanga keluarga kita

6. Jangan menyerah pada keadaan, gali terus informasi , banyak bertanya pada yang telah berpengalaman, pasti kita menemukan jalan yang akan membawa mimpi kita menjadi kenyataan.

Moga tips sederhana ini bisa jadi masukkan buat rekan-rekan yang akan melanjutkan pendidikan kejenjang perguruan tinggi maupun yang lagi bingung memilih jurusan apa yang bakal dipilih nantinya.
Share/Save/Bookmark

Artikel Selanjutnya :



15 komentar:

Ahmad Fauzi mengatakan...

setelah mantab nentuin plihanya, ternyata 100Jt, itu biaya yang harus dikeluarkan saat tetangga saya yang pwinnnter banget diterima di Fakultas Ekonomi UGM jurusan Akuntansi, al hasil sang ortu berpikir 788878080X hehehe setelah saya bialng "banyak loooh pengangguran sarjana"

ArenaBetting.com dukung fair play FIFA world cup AFSEL 2010-TUKIRAN mengatakan...

sepertinya adik-adik smu kudu selektif ni...setidaknya kelak tidak menyesal ketika sudah masuk kuliah....mampir seperti biasa sobat...hajaar

Rock mengatakan...

Dulu kenapa ya aku kuliah???
Koq bisa lulus juga ya??? wkwkwk...

Sudino Dinoe mengatakan...

Testing..test..jaringan masih low maaf jika blm sempat membalas koment yg masuk

ahmadi amrun mengatakan...

klau mau kuliah, yang pertama harus dilakukan, periksa niat dulu....
lurusin tuh niat...mau apa?
Kalau kuliah biar gampang cari kerja, mending kerja aja langsung...
kalau kuliah pengen jadi sarjana, jangan marah kalo besok setelah sarjana menganggur....

semua tergantung niatnya....

joe mengatakan...

sayang sekali sekarang pendidikan semakin mahal...

rizal mengatakan...

kayaknya milih yang murah saja nih...dari pada nggak kuliah hee..he..

thank

attayaya mengatakan...

ini tips yang sangat diperlukan bagi tamatan baru

timpletnya lebih tegas neh

SURATMAN Wong KROYA mengatakan...

yap bener tuh apa yg di omongin ama mas sudino dino,jadi org jgn ikut ikutan ntar yg ada malah putus di tngh jalan gara2 memilih jurusan yg tdk sesuai dgn hati kt sndri

catatan kecilku mengatakan...

Masih otak atik template ya..?
Lebih cerah daripada biasanya niy..
*sorry komennya ga nyambung hehehe*

the others... mengatakan...

Tips yg bermanfaat utk lulusan SMA nih.

Kang Sugeng mengatakan...

Mantab tipsnya Kang, sangat bermanfaat buat yg memerlukan.

Tour, Food, and Health mengatakan...

Bagus tipsnya pak cik...
biar kite tahu betul dulu apa yang kite mau sebelum masuk kuliah ye...

anno mengatakan...

sepertinya memang harus memikirkan dengan matang sebelum masuk ke salah satu perguruan tinggi..
biaya dan kualitas menjadi tolok ukur kemampuan seseorang untuk meneruskan pendidikan

Rama Sejati mengatakan...

Info yang bagus !

Barangkali informasi mengenai "memilih jurusan" berikut, juga berguna bagi rekan rekan yang memerlukannya. Klik > Memilih Jurusan ?

Copyright © Perencanaan masa depan