Monday, May 3, 2010

Kiat khusus kuliah jauh dari orang tua

Di bawah ini ada beberapa Kiat khusus kuliah jauh dari orang tua agar kita(remaja) mampu beradaptasi dengan lingkungan baru, suasana baru, kehidupan baru ialah :

1. Berhematlah dan pintar-pintar dalam mengelola kiriman uang dari orang tua, utamakan kebutuhan pokok dari kebutuhan tidak terlalu penting. Disini di butuhkan kejelian kita dalam mendapatkan informasi seperti cari tempat kos murah, bersih, dekat dengan tempat kuliah, makanannya murah dan layak, dll.

2. Secepatnya cari teman sebanyak mungkin, tapi pilih yang sesuai tujuan dan motivasi kita. Dengan banyak teman kita bisa berbagi suka dan duka, dan bisa menggali informasi apa saja yang bisa membantu kita.

3. Bangun kerukunan antar sesama rekan-rekan yang ada di sekeliling kita (misal dengan teman kos, teman-teman 1 asrama, tetangga-tetangga tempat kita tinggal dll), karena orang yang pertama yang bisa menolong kita jika terkena kesulitan adalah orang-orang di sekeliling kita duluan.

4. Kalau bisa jadilah orang yang ramah dan pintar bergaul , cari empati orang lain terhadap kita.

5. Yang terakhir jangan pernah melencang dari tujuan kita sebenarnya, kuatkan iman, pertebalkan keyakinan, jangan terpengaruh arus pergaulan kota ingat kata - kata di bawah ini :"Hidup adalah pilihan, setiap pilihan harus di pertanggung jawabkan. Apapun yang kita pilih ,maka kita akan menerima apapun dari pilihan kita itu".

Semoga 5 kiat khusus berguna jadi bahan referensi buat rekan-rekan remaja yang memilih kuliah yang jauh dari orang tua.

9 comments:

Wawan Kurn said...

Makash postngannya!!

Mohn doanya ya, spy aq bs dtrma di Univ Favrtku!

Lily Kasim said...

waaahh keduluan komennya...bagus pak cik tips nya..ini saye anak kos banget dahhh..mimpinya tamban salai same biles petay sambal lengkong je kalau jadi anak kos niy..hehehe...

dheelaa said...

jgn lupa mencari penghasilan tambahan biar bisa nambah uang saku dan meringankan ortu

Ratasoe said...

Tips brmanfaat sob, co2 bgt bwt yg kuliahnya di kuar pulau atau kota..;-)

ajie said...

txh mas

Blogger said...

wah ok nech tips nya mungkin yang harus diperhatikan adalah poin 5..tetep pada tujuan mengejar cita2 untuk dapat membahagiakan orang2 tercinta
Sukses Slalu!

attayaya said...

jadi teringat masa kuliah dulu
hidup di kos
duit yang dikirim cuma ngepas sekali

AeArc said...

manteb tipsnya.. jd kepengen sma d luar kota, hikz

digituck said...

Pandai bergaul lumayan buat jadi modal merantau .. :)

Dinoe .. !! Link digituck pasang disini yaa, link dinoe dah ada tuh di blogroll digituck