Monday, March 1, 2010

cara memilih usaha

cara memilih usahaMemilih usaha haruslah sesuai dengan keinginan, kemampuan dan minat kita . banyak peluang usaha bisa kita pilih , tergantung kita jeli dalam melihat kesempatan ,berani mengambil keputusan, pintar memanajem situasi . jadi yang perlu kita lakukan ketika akan memilih usaha , yaitu :

1. Tanya pada diri kita sendiri, tentang kemampuan dan minat kita ,jika kita punya keahlian tertentu kita bisa memilih usaha dibidang jasa seperti terima jasa service computer, jasa gunting rambut, jasa dll. Jika kita pintar bergaul, pintar mencari relasi, pintar berbicara , sebaiknya memilih usaha dibidang perdagangan , misalnya menjual baju atau buka jualan kredit-kredit dengan membangun relasi lewat telekomunikasi seperti telp dll. Jika punya suatu bakat dalam menciptakan sesuatu, usaha yang cocok adalah memproduksi suatu barang, missal kita pintar membuat kue, dan kita olah dan kita kemas sedemikian rupa dan kita pasarkan semua karya kita itu.

2. Periksa keungan kita, jika memungkinkan bisa kita mulai usaha dengan menanam modal atau berinvestasi, seperti mencari peluang penjualan tanah murah didekat daerah rumah maupun kota kita. Pelajari nilai investasinya, jika memungkinkan bisa kita beli dan kita gunakan untuk menanam modal kita disana dengan membangun rumah kontrakan, membangun rumah kos-kosan, membuat ruko, membangun sarang wallet , dll.

Masih banyak cara yang bisa kita pikirkan sendiri, ingatlah ide-ide terbaik dalam memilih usaha itu sebenarnya ada disekeliling kita . simak tulisan dari pak tung ” sepotong besi jika kita buat dengan tenaga menjadi paku , maka sedikit uang yang kita dapat, namun jika sepotong besi itu kita buat dengan keterampilan(pikiran,bakat, ide,insfirasi) menjadi jarum jam tangan , maka uang yang akan didapat lebih besar nilainya dari pada kita membuatnya menjadi paku “.
Intinya berusahalan dengan cerdas, pilih yang benar-benar bisa kita lakukan , ciptakan usaha dengan pikiran dan bukan dengan tenaga kita .

8 comments:

Agung Aritanto said...

mengamalkannya susah bung gimana bila orang tersebut ga punya peluang n bakat dalam usahanya

UMS EDUKASI RSBI said...

Malam... Intinya sukses harus ada usaha, modal dan pikiran cerdas. Kalo boleh tambahkan nasib dan keberuntungan jg penting lho...

catatan kecilku said...

Pengen juga punya usaha sendiri, tapi belum ketemu juga jenis usaha yg cocok utk dijalankan... ^_^

annosmile said...

memang kita harus memanfaatkan momen untuk menjadi sukses mas..telat sedikit akan kalah bersaing

PRof said...

Usaha sendiri, selalu menggebu dalam kalbu, namun belum cukup keberanian tuk memulainya...akhirnya...sampai sekarang masih karyawan ....

sauskecap said...

Wah makasih tipsnya, aku juga pengen buka, paling ga jauh2 dari dunia kuliner.

Dream Competition said...

dengan menggunakan teori sepertinya sangat mudah bro.Saya yang sudah sering gagal dalam berbisnis nih.Ya kegagalan emang resiko,yang penting tidak sampai menyerah.dan yang harus di lakukan adalah keep trying terus ya bro.Nice idea.

Tengku Khairil Ahsyar said...

nak merayau ke tempat kawan sekampong luu... jangan lupe singgah jg ke gubuk baru saye di domain baru http://www.tengkukhairil.net