Wednesday, March 17, 2010

Langkah awal membuat blog wordpress berdomain dan hosting

Langkah awal membuat blog wordpress berdomain dan hostingTulisan ini atas permintaan salah seorang sahabat baik saya , yang lagi mau mencoba mengelola blog bercustom domain wordpress. Semoga tulisan seorang pemula ini bermanfaat buat sahabat saya tersebut jika ada yang kurang saya mohon maaf . saya mulai dari awal saja :

1. Pertama Pilih nama domain dulu ditempat jasa penyewaan domain dan hosting (saya menggunakan idwebhost milik dalam negeri) , setelah ada yang cocok isi semua data dan pilih masa kontrak dan besarnya kapasitas hosting ( kalau saya yang idbasic) , terus bayar dengan paypal lebih mudah dan cepat prosesnya( biasanya 1-2 jam setelah pembayaran domain sudah aktif, tapi kalau pakai domain web .id agak lama nunggu persetujuan DepMeninfokom dulu , bisa 1 sampai 3 hari ) . terus nanti ada pemberitahuan tentang info pembayaran dan password kita untuk login di cpanel hosting kita.

2. Jika udah ada pemberitahuan ke email kita , kalau domain dan hosting sudah aktif dan siap digunakan maka kita langsung saja menuju ke cpanel hosting dengan mengetik http://namablog/cpanel , kemudian login dengan username dan password yang telah diberikan mereka tadi di email kita.
3. Setelah login di cpanel kita cari file yang bertulis fantastico de luxe mengelola blog bercustom domain wordpress terus di klik dua kali , akan ada halaman baru seperti :
    Navigation
    Fantastico Home
    Control Panel Home

    Blogs
    b2evolution
    Nucleus
    WordPress
    Classifieds
    Noahs Classifieds
    Content Management
    Drupal
    Geeklog
    Joomla 1.5
    Joomla
    Mambo
    PHP-Nuke
    phpWCMS
    phpWebSite
    Siteframe
    TYPO3
    Xoops
    Zikula
    Customer Relationship
    Crafty Syntax Live Help
    Help Center Live
Kemudian klik wordpressnya jika kita mau menggunakan wordpress, setelah itu isi judul blog,password, username untuk login di wp –admin kita nanti, lalu tekan install wordpress .

4. Jika sudah aktif , maka blog wp itu udah bisa tampil dengan template defaultnya . kemudian setelah blog wp jadi maka sekarang kita bisa mulai mengedit di wp admin kita , bisa masuk dengan mengklik log in pada template blog kita itu bisa juga lewat alamat seperti http://namablog/wp-login.php/ dan masuk menggunakan username dan password yang telah kita buat sendiri di halaman fantastico tadi

5. Di wp-admin kita bisa kita mulai dengan mengganti templatenya dulu (cara mengganti templatenya kunjungi artikel di blog wordpress saya yang berjudul cara mudah mengganti template di wordpress) dan merubah permalinknya , permalink ini tidak bisa dirubah begitu saja ya, karena postingan kita bisa error , petunjuknya bisa teman baca di artikel saya yang berjudul cara merubah permalinks

Saya rasa ini saja dulu info yang bisa saya berikan semoga teman saya itu bisa memahaminya , lengkapnya bisa di cari lewat google bang , karena tutorialnya banyak sekali...

20 comments:

Rock said...

Makasih untuk tutorialnya kawand... Lagi pengen belajar wordpress nich...

Unknown said...

maksih bang, penjelsan cukup jelas, namaun ada bebrapa hal lagi yang ingin saya tanyakan kalau tidak keberatan :

1. Apakah bis jika kita hanya membeli domain saya tampa menyewa hostingnya...??

2. Jika kita membeli domain saja, apakah sama seperti kita custom domain di blogspot.

mohon pencerahannya...

sorri jika kebanyakan naya..!!

Sudinotakim said...

@bang rizal...
1. Bisa bang beli domain ...
2. Iya sama bang , ketika kita memindahkan blogspot ke domain....tapi katanya di wordpress.com juga bisa di pindahkan ke domain , cuma saya gak tau caranya .

Tapi menurut saya membeli domain dan hosting sama seperti kita membuat blog baru bang..btw sebagai info bang, di idwebhost lagi promosi beli paket hosting idbasic dapat discont domain dgn harga 19.000 utk satu tahun..murah ya bang , gak sampai $3, kan sekali review $10..he..he..he..

Dimas said...

thx mas infonya, tapi aku masih make blogspot..

soewoeng said...

ajarin secara live dong gaptek nih hehehehe

Sudinotakim said...

Ha..ha...ha..ha.. Mas soewoeng bisa aja....saya pemula mas, mas yg lebih paham di Wp , saya baru belajar mas.....

Unknown said...

thak replaynya....

kami berencana hanya membeli domain saja tidak dengan hosting karena rencananya hosting tetap pake wordpress.


di karenakan disini memang super gaptex, mohon lagi pencerahan lebih jauh apakah kalau hanya beli domain saja kita harus daftar DNS segala....

Bahauddin Amyasi said...

Alhamdulillah, semalam saya udah berhasil membuat website dengan joomla di hosting gratisan...

Sudinotakim said...

Iya bang kita harus rubah nama servernya , gunakan aja hosting Gratisan...

attayaya said...

hehehehe... aku belom punya hosting sendiri neh

Seti@wan Dirgant@Ra said...

sekarang aku lagi belajar di blog METROLISA ditunggu kunjungannya.

Anonymous said...

thanks mas infonya.
buat ilmu nanti kalo saya sudah beli hosting sendiri. :D

bintang said...

belom berani hijrah ke wordpress bang, masih ngubek di blogspot dulu. ni postingan berguna banget buat belajar. makasih bang

Ninda Rahadi said...

heheheheh belum ada dana bang

fai_cong said...

belom berani pindah bang.
hehe..
makasih infonya bang..
:D

AISHALIFE-LINE said...

tips bermanfaat sekali bro...

Sudinotakim said...

Buat @mbak anyin..
Saya sewanya pakai uang paidreview mbak....gak pakai uang pribadi, btw dollar di paidreview gurih mbak...Usd $40 aja sebulan udah bisa buat bantu2 byr tagihan pulsa inet....saya blogger matre mbak...he..he..he..he..he..

a-chen said...

wah thanks neh bang tutorial wp nya... essip!

buwel said...

idem kek a-chen... hehehe

Anonymous said...

great blog If you are the type to update your blog regulary, then you have gained one daily reader in me today. keep up the super work.