Home » » cara menyimpan data handphone via operator

cara menyimpan data handphone via operator

JANGAN sekali-kali mengabaikan data di dalam telepon genggam. Sebab, bisa jadi isi di dalam ponsel merupakan data berharga. Pasalnya, selain menyimpan daftar buku telepon, ponsel dimanfaatkan untuk mencatat memo penting sampai agenda pertemuan. Jika telanjur kehilangan, data di dalam ponsel bakal sulit untuk dikembalikan.

Beragam solusi ditawarkan untuk mengembalikan data yang hilang. Misalnya, membuat data cadangan atau back up yang disimpan di komputer. Dengan demikian, sewaktu-waktu ketika dibutuhkan, data tersebut bisa dikembalikan ke dalam ponsel. Fitur penyimpanan seperti itu umumnya sudah dimiliki hampir semua ponsel global.

Memang, untuk melakukan back up melalui komputer, dibutuhkan peralatan dan waktu. Minimal memiliki kabel data, software semacam PC suit, komputer, atau laptop. Setelah semua tersambung, setidaknya dibutuhkan waktu bagi ponsel untuk mentransfer data ke komputer. Cara mengembalikan pun sama dengan ketika membuat cadangan.

Selain lewat komputer pribadi, operator memiliki layanan khusus untuk menyimpan data-data tersebut. Layanan itu bisa digunakan untuk hampir semua tipe ponsel. Termasuk ponsel pintar BlackBerry (BB) dan ponsel berbasis Android. Semua data penting milik pengguna bisa disimpan lewat fitur i-Guard.

Penyimpanan data itu memanfaatkan jaringan GPRS dari ponsel ke server operator. Data cadangan yang disimpan, antara lain, nomor kontak, memo, tugas, acara, log panggilan, dan e-mail. Layanan tersebut juga memuat sejumlah fitur. Di antaranya, proteksi dari virus, anti-spam dan blokir panggilan, melacak BB, serta melindungi kartu SIM.

Beberapa fitur bisa dipakai ketika dalam keadaan darurat, seperti BB dicuri orang.

Sebelum mengakses layanan tersebut, pengguna harus membuat akun untuk mengakses data. Dengan demikian, keamanan data tetap terjamin. Saat ini, layanan tersebut bisa dipakai untuk BB tipe Storm 1 dan Storm 2, Bold 9000, Bold 9700, Curve 83xx, 8900, Pearl, Flip Pearl, Gemini 8520, Huron 88xx, 8700, dan semua ponsel berbasis Android.

Telkomsel juga memiliki layanan serupa bertajuk Telkomsel Wavesecure untuk mengetahui lokasi ponsel maupun SIM. Ia mempunyai layanan untuk membuat data cadangan, seperti kontak, SMS, daftar panggilan, maupun kalender. Untuk mendapatkan layanan tersebut, pengguna cukup menekan *989# dan pilih 2 untuk Telkomsel Wavesecure. (jpnn)
Share/Save/Bookmark

Artikel Selanjutnya :



8 komentar:

gaelby mengatakan...

Berkunjung abis taraweh bro :) Maaf bru sempat mampir karna akhir2 ini rada sibuk.
Nice info. Spakat bnget, Memo dan buku tlp di Hp sgt perlu di update.
Selamat menyambut Idul Fitri, maaf lahir bathin :)

cahyo mengatakan...

Trims infonya gan. sangat bermanfaat. salam kenal

koplak mengatakan...

ini yang aku gak bisa hehehehe

soewoeng plasu mengatakan...

canggih bener bener canggih

attayaya jadi anak smp mengatakan...

hihihi aku ga pake telkomsel lagi
ga enak

joe mengatakan...

tapi harus bayar ya?

Bali Villa mengatakan...

Terima kasih, sangat bermanfaat,
memang iya, sangat penting seperti itu.
Bali Villas Bali Villa

rizal mengatakan...

mantap bang, tapi sya belum punya BB dan juga nggak pake Tsel...
meembeckup data memang sangat diperlukan untuk berja-jaga

Copyright © Perencanaan masa depan