Home » » Cara merubah header pada blog wordpress berhosting

Cara merubah header pada blog wordpress berhosting

Wordpress atau wp banyak sekali menyediakan template-template gratis yang bisa kita pilih dengan mudah , ada ribuan tinggal pilih saja sesuai selera, namun sebagai pemilik blog ada kalanya kita ingin tampil beda, dan berkreasi dengan sentuhan utak-atik kita sendiri , nah bagi yang mau tampil beda terutama pada header di blog wp yang berdomain and hosting tidak salahnya mencoba cara sederhana saya ini :

1.pilih dulu template wp yang berbasis costoum domain (adakalanya headernya bisa langsung diganti lewap wp admin tanpa cpanel tapi ada juga yang harus kita rubah lewat cpanel) dan didownload

2. terus upload ke wp admin (baca “cara mengganti template di wp berhosting” ), tapi jangan di aktifkan dulu . lalu tekan priview untuk melihat gambar header template kita tadi agar kita tahu nama filenya dengan cara mengklik kanan tepat pada header lalu tekan view gambar dan ambil gambar header tempale itu untuk kita editt sesuai selera kita , jika tertarik gunakan software yang pernah saya tulis dulu di artikel saya berjudul cara buat header blog menggunakan sofware gratis . jika sudah jadi header yang kita buat tadi simpan dulu untuk di upload lagi.

3. untuk mengganti header template kita tadi maka login ke cpanael hosting kita , kemudian klik file manager(home directory) , klik dua kali public html, kemudian klik dua kali wp content, terus klik dua kali themes maka akan ada nama atau file template yang kita upload tadi sewaktu di wp admin. Terus klik file atau nama template itu maka akan keluar nama-nama file yang ada didalam template kita tadi seperti backgrounds,function,headersi,mages,404.php,archive.php,archives.php, attachment.php,autho.php, dll

4. kemudian klik header(bukan header .php) dua kali jika sudah klik upload pada kiri atas halaman cpanel hosting kita, tungu proses sampai selesai dan file gambar header baru kita udah ada didalam file header tadi.jangan lupa klik kanan dan klik rename ambil nama file gambarnya contoh /public_html/wp-content/themes/modmat/headers/header. dinotakim.png(yg diambil "header. dinotakim.png")

5. kemudian tekan back (tanda panah hijau dua kali ) agar kembali ke file-file template kita tadi kemudian klik kanan dan edit kode pada file style.css , cari nama file gambaar header template tadi biasanya ada di

/* Page Header */
div#header{text-align:left;height: 104px; background: url('headers/nama image header bawaan tempalate .png') no-repeat right top; background-color: #000; border-left: 2px solid black; border-right: 2px solid black; border-top: 2px solid black;}
terus ganti saja yang bacaan “nama image header bawaan tempalate .png” dengan nama file header yang telah kita buat tadi misalnya header. dinotakim.png. maka jadinya

/* Page Header */
div#header{text-align:left;height: 104px; background: url('headers/header. dinotakim.png') no-repeat right top; background-color: #000; border-left: 2px solid black; border-right: 2px solid black; border-top: 2px solid black;}. Kemudian klik save changes pada pojok kanan atas halaman cpanel kita.

6. siapkan kopi dulu karena caranya lumayan ribet , terus jika sudah ngopi mata udah terang lagi maka log out dulu cpanel kita terus login di wp-admin kita , masuk ke pengaturan template , lalu klik aktifkan template yang udah kita rubah headernya tadi dan selesai lihat sendiri hasilnya pasti header kita tampil sesuai dengan gambar yang telah kita buat tadi.contoh bisa kunjungi blog wp saya http://dinotakim.com

oh iya cara seperti ini juga bisa kita gunakan untuk merubah backround, icon-icon, image footer, image pada judul siderbar dll, pintar pintar saja mencari nama filenya dan harus sesuai juga dengan size image yang bawaan template tersebut saat kita akan merubahnya.
Share/Save/Bookmark

Artikel Selanjutnya :



7 komentar:

andri 安德里 mengatakan...

halo sobat..., gimana kabar nya nh.., wah makin menarik aja artikel nya nh.., boleh juga di coba.... nh.., hehehehe........

attayaya jadi anak smp mengatakan...

nah kalo masuk cpanel, aku nyerah deh

FREE MUSIC DOWNLOAD mengatakan...

Makasih untuk tipsnya mas...
Aku juga lgi belajar WP nich....

catatan kecilku mengatakan...

Aku gak punya WP... hehehe

koplak mengatakan...

amyun diriku gaptek bos

hendri mengatakan...

bagus banget artikelnya bro, sangat bermanfaat nih, maklum newbie lagi belajar blog wp.

sinchaysing mengatakan...

artikelnya siiipp banget bos....akan kucoba

Copyright © Perencanaan masa depan