Home » » tips memilih kosmetik yang aman bagi kulit

tips memilih kosmetik yang aman bagi kulit

Memilih dan menggunakan kosmetik dengan aman wajib dilakukan. Berikut beberapa tips memilih kosmetik aman bagi kulit :

1. Jenis Kulit
Ketahui dengan benar jenis kulit. Pada umumnya, hampir 80 persen orang Indonesia berjenis kulit kombinasi (berminyak di area T: dahi, hidung, dahi). Pilih kosmetik, seperti pelembap, foundation, atau bedak yang sesuai jenis kulit.

2. Hentikan Berbagi Kosmetik Pribadi
Jika melihat tester di pertokoan atau mall, jangan langsung tergiur mencobanya. Minta pramuniaga yang ada membersihkan kosmetik tersebut sebelum digunakan. Setelah digunakan Anda juga harus langsung membersihkannya kembali daripada menunggu sampai di rumah. Karena akibat berbagi, Anda tidak tahu penyakit apa yang dapat ditularkan oleh kosmetik tersebut. Tips amannya, gunakan pada area lengan, jangan ke wajah untuk mengecek warna.

3. Alergy Testing
Sebelum membeli kosmetik, harus perhatikan kandungan kimia dalam kosmetik tersebut. Apabila kulit bermasalah, gunakan kosmetik untuk kulit sensitif yang kandungan kimianya telah teruji. Anda juga harus memperhatikan pengecekan sederhana pada kosmetik tersebut. Misalnya mengoleskan di bagian lengan atau belakang leher sambil searching kosmetik lainnya. Apabila merasa gatal jangan beli, atau stop pemakaian.

4. Jauhi dari Matahari
Simpan kosmetik Anda dalam wadah atau tempat yang jauh dari panas atau sinar matahari. Selain dapat merusak kualitas, juga dapat menurunkan warna kosmetik. Anda juga harus telaten menutup rapat-rapat kosmetik setelah menggunakannya. Untuk mencegahnya dari kotoran debu serta kuman-kuman dalam udara.

5. Cermati Lama
Penyimpanan Kosmetik
Bijaksanalah dalam menyimpan kosmetik yang Anda gunakan. Jangan memaksa apabila usianya sudah lebih dari dua atau tiga tahun. Karena, dapat membuat infeksi pada kulit serta menyebabkan iritasi fatal.
Usia lipstick, maskara, bedak, foundation, pelembab dan eye shadow rata-rata dapat bertahan sampai dua tahun. Namun, produk liquid atau cairan usianya lebih muda dibandingkan kosmetik tersebut.

5. Bersihkan Alat Kosmetika
Perhatikan kebersihan alat kosmetika Anda. Biasakan mencuci alat tersebut secara rutin sebelum menggunakannya. Debu dan kotoran serta minyak wajah yang menempel dapat memicu perkembangbiakan bakteri yang jahat. Dengan demikian, bukannya cantik wajah Anda akan bermasalah

berbagai sumber salah satunya disini
Share/Save/Bookmark

Artikel Selanjutnya :



2 komentar:

Rizky2009 mengatakan...

tips ini kayaknya sangat cocok bgt buat cew, kalau saya pribadi mah jarang pakai kosmetik sob

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

ya, saya juga nggak berani make kosmetik orang lain. kecuali kepepet banget. lha, kalo di salon gimana dong?

Copyright © Perencanaan masa depan