Home » , » Cara mengajari anak membaca dan menulis

Cara mengajari anak membaca dan menulis

cara belajar yang baik buat remajaJika si kecil mulai beranjak ke masa sekolah baik Tk maupun kesekolah dasar mau tak mau dia akan di hadapkan pada pelajaran dasar paling utama yaitu baca dan tulis yang terstruktur dan terkadang tidak sama dengan apa yang kita ajarkan dirumah yang sifatnya suka-suka. Nah dengan pelajaran baca dan tulis yang terstruktur inilah terkadang anak kita sering bingung dan membuatnya jadi tidak bisa dengan cepat menguasai pelajaran. Untuk itu peran orang tua sangat penting untuk mengajari anak biar mudah memahami pelajaran yang ada di sekolahnya.

Jadi , sebagai bahan referensi buat para orang tua dalam mengajari anak agar di mudah memahami pelajaran barunya,dibawah ini ada beberapa tips yang saya rangkum dari beberapa buku-buku diantaranya :

1. Berusaha menyisihkan waktu anak kita untuk setiap hari membaca .bimbing dia pelan-pelan dengan bantuan buku-buku yang mudah dipahaminya seperti buku bacaan yang bergambar,buku tulis warna warni yang masih berkaitan dengan apa yang dipelajarinya di sekolah.

2. Tundalah sesi jika anak terlalu lelah, lapar, atau mudah marah hingga dapat memusatkan perhatian.

3. Jangan melakukan sesuatu yang berlebih-lebihan pada saat pertama;mulailah dengan sepuluh atau lima belas menit sehari.

4. Tentukan tujuan yang dapat dicapai : satu hari sebanyak satu halaman dari buku bacaan mungkin cukup pada saat pertama. Atau 1 paragraph , atau 3 kalimat 1 hari dia menulis

5. Bersikaplah positif dan pujilah anak anda ketika dia membaca dengan benar atau menulis dengan benar . Ketika dia membuat kesalahan, bersabarlah dan bantu untuk membenarkan kesalahan. Jika dia ragu-ragu, berikan waktu sebelum anda terburu-buru memberi bantuan.

6. Ketika anda membaca cerita bersama-sama, pastikan bahwa anak tidak hanya melafalkan kata-kata atau menulis saja, tetapi merasakannya juga. Tanyakan pendapatnya tentang cerita atau karakter-karakter dalam cerita tersebut.

7. Mulailah dengan membaca atau menulis beberapa halaman pertama atau paragraph dari cerita dengan suara keras untuk memancing anak. Kemudian mintalah anak membaca terusan ceritanya atau untuk menulis kata-kata yang di ingatnya.

8. Ingat , jangan memaksakan kehendak kita dalam mengajari anak kita, perlahan-lahan tapi pasti, Saja ikuti alur waktu karena setiap anak mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, begitu juga kita orang tua.

Nb. Itu foto anak gadis saya yang cantik mirip ibunya yang cina he..he..he.. Yang tahun ini masuk PAUD (pendidikan usia dini)
Share/Save/Bookmark

Artikel Selanjutnya :



18 komentar:

Munir Ardi mengatakan...

apa berhasil pertama juga ya

munir ardi mengatakan...

makasih artikelnya kebetulan sekali anak aku baru masuk sekolah kemarin jadi pedoman nih bagaimana ngajar dia membaca, meski aku guru tapi bukan menangani anak kecil tapi smp jadi sangat bermanfaat

Cerita Hujan mengatakan...

Salam Kenal semoga bisa jadi sahabat

>> Wuih,aku simpan tipsnya ya.. untuk nanti, hehehe

attayaya mengatakan...

no. 8
kalo tak dipaksakan, anak2 maunya maen terus. lha kapan belajarnya.
paksa dengan bahasa halus aja.

Ferdinand mengatakan...

Wah tipsnya bagus Nie... biarpun aku belum punya anak tapi emank bener tuh sebelum masuk ke TK atau SD mesti diajarin dulu dikit2... klo bisa pake yang kaya permainan biar anaknya semangat hhe,,

mantabz Sob... Semangat N sukses slalu!!!

catatan kecilku mengatakan...

Menurutku memang jangan dipaksa, karena setiap anak mempunyai tahapan masing2.

Reza mengatakan...

Home schooling ya namanya? tapi gurunya orang tua sendiri...

Arif Chasan mengatakan...

wah... saya simpen nanti kalau dah punya anak... (baru jg 17 thn.. hehe..)

Yusni Yanti mengatakan...

Mmmhhh, bisa untuk adik neh...

rizal mengatakan...

mengajarti anak memang gampang2 susah apalagi membacara, biasanya anak cepet bosan dan malas karena memang pada usia segitu anak lagi senang2nya main.

cuma kita harus pandai2 membimbing agar anak mau belajar membaca.

albertus goentoer tjahjadi mengatakan...

tips-tips yang mantap mas... btw.. anaknya memang cantik...

FB mengatakan...

Thanks infonya mudah-mudahan kalo udah punya anak bisa dipraktekin

berita terkini mengatakan...

met malam mas dino

Laksamana Embun mengatakan...

Thanks infonya mas, sangat informatif.. :)

Sopir Biz mengatakan...

Belajar tak hanya di sekolah, juga di rumah, orang tua sebagai pembimbingnya....:D

gaelby mengatakan...

Thanks, tipsnya sangat membantu. Segera di praktekkan buat anakqu.
Salam peace :)

Arya jafarudin mengatakan...

nice post,,

Ozzys Blog mengatakan...

wah info menarik kang, jadi tambah ngilmune ini

Copyright © Perencanaan masa depan