Home » » Tumbuhan yang biasa di gunakan untuk menyembuhkan "guna-guna" atau santet

Tumbuhan yang biasa di gunakan untuk menyembuhkan "guna-guna" atau santet

Tulisan ini saya tulis untuk melestarikan budaya-budaya kuno singkep yang sekarang mulai memudar di telah arus modernisasi, semoga anak-anak cucu kelak masih terus mengingat tradisi-tradisi kuno yang pernah jadi trend orang tua-tua kita dulu. Okelah, Mengenai Tumbuhan yang biasanya di gunakan untuk menyembuhkan santet atau guna-guna berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari para tetua diantaranya :

perencanaan masa depanTanaman sirih , pinang , gambir . Biasanya di campur jadi satu dengan di beri sedikit kapur dan di kunyah-kunyah menjadi halus dan memerah oleh si "orang pintar" dengan sedikit "komat- kamit" lalu di semburkan kepada yang terkena santet , biasanya ritual ini di lakukan pada sore hari . Penyembuhan seperti ini biasa jika seseorang mengalami pusing-pusing, akibat guna-guna, atau sakit perut , atau juga terkena gangguan dari yang gaib.

Jeruk nipis, jeruk purut , biasanya di gunakan untuk memandikan orang-orang yang terkena guna-guna dari kekasihnya (pelet) atau namanya "pelalawaw" suatu ilmu santet yang bisa buat seseorang tidak bisa dapat-dapat jodoh walaupun udah beragam cara di lakukan seperti ikut take me out, kontak jodoh, rubrik ketemu jodoh dll he..he...

Akar bahar yang biasanya di gunakan untuk penangkal dan penyembuhan santet.

Namun tanaman-tanaman diatas hanya berkhasiat untuk menyembuhkan guna-guna yang ringan-ringan saja yang hanya bisa dilakukan oleh orang pintar dan khasiatnya hanya berada di daerah melayu , untuk yang sifatnya berat harus di gunakan beragam cara dan melalui orang-orang pintar yang memang berilmu tinggi.

Nb. mohon ingat tiap daerah punya cara-cara tersendiri .

sumber gambar :www.ceritakudanduniaku.wordpress.com
Share/Save/Bookmark

Artikel Selanjutnya :



33 komentar:

wawank mengatakan...

makasih infonya!!

Rizky2009 mengatakan...

kalauaada orang terkena guna2 bolehlah mencoba menyembuhkan dengan cara ini, makasih sob

catatan kecilku mengatakan...

Di rumah ibuku, ditanam sirih hijau dan sirih merah... Lebat sekali daunnya.

the others... mengatakan...

Thanks ya telah sharing info yg bermanfaat, bang.

rizal mengatakan...

sirih juga banyak khasial lainnya, contohnya ja orang yang suka nyirih biasanya giginya bagus...

mantap bang

penghuni60 mengatakan...

hmmm... aku baru tau nih...
okelah kalo begitu, thnks sob infonya
salam knl

Hendro-Prayitno mengatakan...

saya baru tau nih...makasih ya atas infonya

Rock mengatakan...

Sirih??? Baru tau nich...
Oiya, akar bahar itu apa sih mas???

Herdoni Wahyono mengatakan...

Indonesia kaya akan aneka jenis tumbuhan yang berkhasiat untuk obat-obatan. Tentunya diperlukan upaya yang maksimal untuk melestarikan tumbuh-tumbuhan tersebut agar tidak punah. Ternyata di kalangan 'orang pintar' juga digunakan sebagai media dalam menyembuhkan pasiennya dari sakit non-medis. Trims sharingnya sobat.

U-marr mengatakan...

wah trnyata dg tanaman yah utk menyembuhkan orang yg kena guna-guna, dg dtambahkan mantra dan ritual. :)

rizalsaputra81 mengatakan...

menggunakan cara ini lebih mudah

Darin mengatakan...

wah ada juga ya penangkal santet? akar bahar? apaan tu ya?

antaresa mengatakan...

kalo saya yg bikin begituan apa tetep ampuh ya? bukannya harus pake komat kamit dulu baru disemburin ramuannya...

ajie mengatakan...

thx infonya

ajie mengatakan...

makasih ya

Rhyzaboy mengatakan...

Wah memang Tuhan sangat Kuasa, tidak ada yang sia2 semua yang Dia ciptakan....

Ratasoe mengatakan...

Wah info menarik ny sob, trims ya;-)

AeArc mengatakan...

yg penting pertebal iman

Sudino Dinoe mengatakan...

@all..
Akar bahar biasanya terdapat di laut...

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

wah...

mantap nih..tapi guna - guna masih jamannya sekarang kah..?

blog sederhana mengatakan...

Daun bambu bisa nggak mas?

Saung Web mengatakan...

Wah kalau tanaman sirihmah dipinggir rumah banyak sekali sob.. baru tahu nih bisa utk nyembuhkan santet ya

Abdul Hafizh Asri mengatakan...

Wah, yang bner itu sob .. Bru tahu .. :) oia,, kita udah tukeran link belum ?? Biar gak ketinggalan jejak sob .. :) Keep share .

Tukang komen mengatakan...

yang meramu pasti juga bukan sembarang orang kan bang....

Laksamana Embun mengatakan...

Thanks infonya sobat, walaupun bersifat gaib tapi sangat berguna

Syam Oby mengatakan...

Sirih, fungsinya mang ajib yah kak... ^_^

sauskecap mengatakan...

Ada obat yang lebih mujarab dibandingkan tumbuhan ini, foto bugil cewek cantik, terbukti menyembuhkan santet.... nih buktinya http://www.inilah.com/news/read/politik/2010/04/13/457121/foto-bugil-mahasiswi-binus-dipercaya-tangkal-santet/

achen mengatakan...

thanks neh info menyembuhkan guna2 pake cara dabo singkepnya mAs....
saya malah nggak tahu tuk daerah saya.. :-)

buwel mengatakan...

wah kudu dengan tabibnya juga ya mas... ehmmm
thanks deh... hehee

citromduro mengatakan...

kunjungan perdana
salam kenal
dari judul blog ini saya serasa menemukan sebuah pencerahan dan ternyata memang benar buka satu konten saja sudah bermanfaat memberikan pencerahan

menginang sirih dari yang saya tahu memiliki gigi kuat dan seperti kebal penyakit
wallahua'lam

salam dari pamekasan madura

attayaya mengatakan...

kalau daun kelor bisa ga?

ajie mengatakan...

mas dinoe ajarin cara bikin web yang kaya mas donk

Kang Sugeng mengatakan...

Hari gini masih ada guna-guna ya

Copyright © Perencanaan masa depan