Friday, April 9, 2010

Tips memilih mainan untuk bayi berdasarkan usia

Tips memilih mainan untuk bayi berdasarkan usia Kehidupan anak-anak tidak lepas dengan namanya mainan, begitu juga batita(balita di bawah umur tiga tahun) juga identik dengan mainan. Namun perlu kita perhatikan mainan yang akan dimainkan bayi kita agar kita tidak kuatir terluka saat mereka bermain. Untuk memilih jenis mainan tak perlu mahal sesuaikan dengan kemampuan kita saja dan jika kita kreatif , mainannya bisa kita buat sendiri dari bahan-bahan sederhana saja seperti dari karton dan gabus. Mengenai tips memilih mainan untuk bayi kita berdasarkan usianya:
1. Dari lahir sampai usia tiga bulan.
Mainan warna-warni yang di gantung dan bergerak-gerak, giring-giring, lonceng, kotak musik dan mainan yang bisa mencicit bila di tekan.

2. Tiga sampai enam bulan:
Mainan dari plastik atau karet yang bisa digigit, giring-giring, mainan berisi kapuk, bola yang dapat di gantung pada buaian , lonceng, gelang.

3. Enam sampai sembilan bulan :
Mainan yang beroda, balok-balok kecil, dan bola berwarna cerah, mainan yang mengelinding.( Dalam usia ini waspadailah bayi anda dari mengambil benda-benda kecil yang berbahaya yang berada di tempat dia bermain karena tangan mereka sudah pintar mencubit-cubit benda kecil yang ada disekitar mereka).

4. Sembilan sampai dua belas bulan :
Mainan yang bisa di lepas-lepas, misalnya, kerucut-kerucut berwarna, balok-balok kotak-kotak karton yang besar yang bisa di panjat.

Semoga tips sederhana ini bermanfaat..

9 comments:

achen said...

Thanks Mas dinoe, tips memilih mainan untuk aminan anak2nya... :-)

buwel said...

jadi pengin beli mainan... :-)

U-marr said...

jadi dalam memilih mainan pada bayi itu, berbeda-beda yah, harus berdasarkan usia bayinya. :)

thanks infonya mas.
n' mas dapet tag nih dari saya, dan saya harapkan mas dapat berkenan untuk memboyong tag nya. :)

Sohra Rusdi said...

bagus sekali sob aku punya anak masih BLITA

Rock said...

Tips yang sangat bermanfaat mas... Dengan memilih mainan berdasarkan usia bisa untuk belajar dan untuk keamanan dari bayi itu sendiri.

Sopandi Al Kautsar said...

kebetulan.. pandi kadang berhubungan dengan dunia anak.. tapi umurnya bukan batita.. SD.. btw terimakasih..

Dimas said...

katanya jenis permainzn juga bisa mempengaruhi kreativita anak kan, misalnya mainan bongkar pasang, bisa membantu mengembangkan kemampuan berpikir anak..

Internet dan Bisnis Online said...

untuk tiap usia ternyata ada perbedaan untuk jenis mainan yang digunakan ya..

nietha said...

mantap info nya mas..