Home » , , » Cara mengatasi gugup,grogi,salah tingkah ketika diatas panggung atau didepan kalayak ramai(penonton)

Cara mengatasi gugup,grogi,salah tingkah ketika diatas panggung atau didepan kalayak ramai(penonton)

Cara mengatasi gugup,grogi,salah tingkah ketika diatas panggung atau didepan kalayak ramai atau di depan penonton bisa kita ikuti Cara presenter Choky Sitohang dalam mengatasi rasa gugup,grogi,takut tersebut. Seperti yang saya kutip di kompas.com, Choky Sitohang , Pria yang gemar tampil sejak balita dan menemukan public speaking sebagai passion sejak remaja ini dengan bersemangat berbagi pengalamannya untuk mengatasi rasa gugup tersebut. Pertama :

1. Memelihara ketegangan sebagai bentuk mawas diri
"Saya meninggalkan deg-deg-an tetap ada dalam diri saya saat tampil. Rasa ini membuat kita menjadi berserah serta mawas diri. Serahkan takut kepada Tuhan dan berdoalah, ini menjadi obat saat demam panggung," kata Choky .

2. Cara ampuh menaklukkan rasa takut adalah dengan menghadapinya,Merasa grogi saat tampil di muka publik adalah hal wajar. Bahkan Choky mengakui, dengan jam terbangnya yang semakin tinggi, pria ini masih menyimpan grogi sebagai pengingatnya untuk tak menyombongkan diri di panggung.
Jujur bikin lebih rileks
Ketika ketegangan masih menguasai diri, lalu Anda berbuat kesalahan mengucap kata, jujur saja.
Jujur di depan khalayak juga menjadi obat demam panggung, kata Choky. Mengakui bahwa Anda salah adalah awal pemulihan diri untuk kemudian membangkitkan kembali kepercayaan diri. Anda juga merasa lebih lega karena tak perlu memendam kesalahan. Katakan saja dengan cara yang apik di depan panggung, atau katakan kepada teman di samping Anda.

3. Memberitahu teman bahwa Anda grogi juga bisa meredakan ketegangan dan membuat diri lebih rileks.
"Sadari bahwa tak ada pribadi yang sempurna," tambah Choky.
Bersikaplah ramah dengan senyum dan berteman
Senyuman menandakan keramahan selain juga menjadi cara mudah meminimalisasi grogi. Berikan senyuman natural, dan bukan dipaksakan.

4. jika Anda tegang tampil di depan publik, akrabkanlah diri dengan khalayak. Jadikan khalayak sebagai teman. Cara ini juga mampu meredakan ketegangan.
Share/Save/Bookmark

Artikel Selanjutnya :



3 komentar:

rizal mengatakan...

itu salah satu kelmahan saya, saya paling nggak bisa tampil di depan umum...hee.he..

mungkin itu sebabnya saya tidak jadi publik pigur wakkwkwk....

thank bang sherenya

Cerita Inspirasi mengatakan...

jika Anda tegang tampil di depan publik, akrabkanlah diri dengan khalayak. Jadikan khalayak sebagai teman. --> hoho.. aku sering praktekkan ini.. dan terbukti manjur.. ^^

Tatar_adi mengatakan...

Makasih atas infonya...

Copyright © Perencanaan masa depan