Home » » hati- hati makan ikan asin dengan nasi panas bisa menyebabkan kanker tenggorokan

hati- hati makan ikan asin dengan nasi panas bisa menyebabkan kanker tenggorokan

berhati-hatilah saat mengkonsumsi atau makan ikan asin dengan nasi panas karena bisa menyebabkan kanker tenggorokan , ini berdasarkan penuturan DR Aru, ikan asin itu mengandung nitrosamin yang merupakan karsinogen (zat pemicu kanker). Ini karena dalam proses pengasinan dan penjemurannya, sinar matahari bereaksi dengan nitrit pada daging ikan sehingga membentuk senyawa nitrosamin. "Ikan asin yang dimakan dengan nasi panas kelihatannya memang enak, tapi itu bisa menyebabkan kanker nasofaring (tenggorokan)," jelas DR Dr Aru Sudoyo,SpPD,KHOM,FACP, Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit
Dalam Indonesia (PAPDI), disela-sela acara Seminar Awan Kanker Kolorektal di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (1/10/2010).

Nah, kalau ditambah dengan nasi panas yang masih mengepul, maka uap-uap nasi itu, menurut DR Aru akan membawa nitrosamin ke pori-pori kulit khususnya daerah mulut, leher dan tenggorokan.

Akhirnya, jika keseringan makan ikan asin dan nasi panas bisa memicu kanker nasofaring (kanker tenggorokan atau THT) dalam kurun waktu lama atau timbul jika kekebalan tubuh rendah.Maka itu anak-anak disarankan tidak mengonsumsi ikan asin karena kekebalan tubuhnya masih rendah. Jika dari kecil sudah sering makan ikan asin maka ketika dewasa lebih rentan terkena kanker nasofaring.Garam sendiri, jelas DR Aru, merupakan salah satu makanan yang dapat menaikkan tekanan darah dan juga memicu atau meningkatkan risiko kanker.

sebagai info gejala-gejala kanker nasofaring(kanker tenggorokan) Dilansir dari Medicinenet, antara lain sebagai berikut:

1. Benjolan di hidung atau leher
2. Sakit di tenggorokan
3. Kesulitan bernapas atau berbicara
4. Mimisan (hidung berdarah)
5. Mengalami gangguan pendengaran
6. Sakit atau terasa dengung di telinga
7. Sakit kepala

sumber berita : detik.com
Share/Save/Bookmark

Artikel Selanjutnya :



1 komentar:

Tri Setyo Wijanarko mengatakan...

masa' iya sih? dulu cukup sering makan ikan asin dengan nasi yang masih hangat ataupun panas..

Copyright © Perencanaan masa depan