Home » , » Tahukah anda, kalau tumbuhan dan buahan di negara kita punya khasiat yang luar biasa untuk tubuh kita

Tahukah anda, kalau tumbuhan dan buahan di negara kita punya khasiat yang luar biasa untuk tubuh kita

Indonesia kaya akan hasil bumi yang bisa dimanfaatkan untuk kulit. Diantaranya, sari pati beras yang merupakan bahan utama lulur, masker dan bedak dingin. Manfaatnya untuk mendinginkan kulit, menghaluskan hingga menipiskan noda. Atau asam jawa yang bermanfaat untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit wajah.

Buah kemiri juga baik untuk menjaga kelembaban dan mencerahkan sekaligus menghaluskan kulit.Selain itu, pepaya juga banyak mengandung enzim yang berguna untuk kulit tubuh. Buah berwarna jingga ini sangat banyak manfaatnya dari mulai daun hingga bijinya. Pepaya mengandung karotena papain dan fitokinase. Begitu pula bijinya yang mengandung glukosida, cocirina dan karpain. Buah ini berguna untuk menghaluskan kulit dan mengangkat sel kulit mati.

Khasiat daun teh juga tak kalah. Selain sebagai minuman yang menyegarkan, daun teh bermanfaat sebagai antijamur, antioksidan, meredakan kelelahan serta mengurangi masalah pernapasan.

Sedangkan jika ingin merampingkan, jeruk nipis bisa dipakai. Kandungan zat asam dalam buah ini mampu menghancurkan lemak tubuh sehingga bisa menjaga kerampingan, mencerahkan kulit dan mengecilkan pori-pori.

Selain itu bahan-bahan lain seperti jahe, cokelat, pandan wangi, serai, kayu manis, garam laut, kunyit, daun kemuning hingga pisang dan kelapa bisa dijadikan bahan pembuatan scrub untuk tubuh.
Sebagai contoh adalah banana scrub.

Pilih bahan dasar yang baik berupa 2 buah pisang yang matang, 3 sendok makan gula pasir dan 1 sendok makan minyak cendana atau zaitun. Cara membuatnya, lembutkan pisang campur dengan gula pasir dan minyak zaitun. Rasakan teksturnya dengan jari. Jika sudah pas tinggal digosokkan ke kulit secara merata.

Buah pisang bermanfaat untuk menghaluskan kulit karena banyak mengandung vitamin C.
Resep scrub lainnya yang bisa Anda coba adalah black rice scrub.

Bahan yang diperlukan 5 sendok makan beras ketan hitam, 1 buah kunyit, 1 sendok teh minyak cendana, 3 tetes minyak esensial melati, 5 tangkai mawar.

Caranya tumbuk beras ketan hitam. Larutkan bunga mawar dengan minyak cendana dan minyak esensial melati. Aduk rata. Scrub siap digosokkan ke tubuh untuk mengangkat sel kulit mati sekaligus memberi efek relaksasi.

Buah-buahan di sekitar kita juga bisa dibuat masker untuk tubuh diantaranya stroberi yang banyak mengandung asam salisilat serta vitamin B, C, E dan K yang berguna untuk mengencangkan dan meremajakan kulit. Atau anggur yang kaya akan kalsium, magnesium, potasium, vitamin B1 hingga B6 serta vitamin C yang berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit.

Bahan alami lainnya yang mudah didapat adalah alpukat, bengkoang, rumput laut hingga lumpur. Namun lumpur yang dipakai adalah merapi volcano mud yang bermanfaat sebagai antisoksidan, antiseptik karena lumpur ini kaya akan sulfur yang bagus untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Berikut ini adalah salah satu resep body mask dari stroberi.

Masker Stroberi

Bahan :
15-20 buah stroberi
3 tetes esensial rose
1 sendok makan air mawar

Cara membuat :
Hancurkan stroberi. Campur dengan air mawar dan minyak esensial. Oleskan ke seluruh tubuh. Diamkan sekitar 20 menit baru dibilas. (umy)
Share/Save/Bookmark

Artikel Selanjutnya :



6 komentar:

catatan kecilku mengatakan...

Wah, masker dan scrub dari buah2an ? Rasanya asyik juga...

the others.... mengatakan...

Bang, kemarin aku coba buat postingan dg HP, tapi gak bisa. Karena karakter maksimal yg bisa masuk hanya 512. Bagaimana utk mengganti/memperbanyak karakter-nya ya..?

Sudinotakim mengatakan...

@mbak reni..
Kalau saya pakai tulis pesan gambar mbak agar jumlah katanya lebih banyak dan bukan tulisan sms krn jumlah katanya terbatas

ReBorn mengatakan...

bisa maskeran dong ike bo? ghehehe...

salam kenal bang.

Anas mengatakan...

Terima kasih artikelnya.. ditunggu artikel yang lainnya..

Laksamana Embun mengatakan...

Mkasih infonya mas, Indonesia memang keren..

Copyright © Perencanaan masa depan