Sunday, October 3, 2010

Sejarah Flash disk (USB flash drive), benda kecil yang mampu menyimpan ribuan data

Sejarah Flash disk (USB flash drive), benda kecil yang mampu menyimpan ribuan data Flash disk atau USB saat ini tengah menjadi media yang sangat dikenal publik. bahasa baku atau istilah yang tepat untuk mengacu kepada benda tersebut adalah USB flash drive. Memang benar antara keduanya, flash drive dan USB, tidak dapat terpisahkan. Flash drive ada karena USB telah muncul terlebih dahulu.USB sendiri adalah singkatan dari Universal Serial Bus, merupakan suatu teknologi yang memungkinkan kita untuk menghubungkan eksternal device seperti scanner, printer, dan flash drive kekomputer. USB merupakan terobosan strategis dalam pembuatan interface komputer yang dapat digunakan untuk semua platform, baik untuk Macintosh, Linux/UNIX, dan semua versi Windows pasca Windows 98.

Saat ini USB telah diterima sebagai standar interface untuk computer device sehingga sekarang untuk beberapa device kita tidak memerlukan CD instalasi atau driver. Kita tinggal memasukkan device-nya dan komputer akan langsung mengenali kemudian meng-install-kan driver-nya secara otomatis.

Teknologinya telah berkembang sedemikian rupa. Ketika awal muncul adalah versi 1.0dengan kecepatan transfer data 1,5 Mbps, lalu berkembang menjadi versi 1.1 yang data transfer rate-nya meningkat yaitu 12Mbps. Adapun versi terkini adalah USB versi 2.0 (High Speed USB) dengan kecepatan transfer yang lebih mengagumkan, dapat mencapai 480 Mbps.USB flash drive, selanjutnya kita sebut flash drive, adalah salah satu media yang menggunakan USB interface.

Belum dapat dipastikan siapa yang mengembangkannya pertama kali karena ada tiga perusahaan yang memperselisihkan yaitu M-Systems, Netac, dan Trek 2000. Flash drive mulai dipasarkan pada tahun 2001 di Amerika oleh IBM. Ukuran data yang dapat disimpan pada waktu itu adalah 8MB, lalu pada tahun 2003sudah mencapai 64 MB.pada waktu itu adalah 8MB, lalu pada tahun 2003sudah mencapai 64 MB.sudah mencapai 64 MB.
Seiring bertambahnya waktu dan kebutuhan penggunanya, flash drive juga terus berkembang. Sekarang ada yang mencapai 64 GB. Kapasitas yang populer, dalam artian terjangkau harganya dan banyak dipakai pengguna, berkisar hingga kapasitas 4 GB.

Tidak hanya ukurannya saja yang berkembang, tetapi bentuk dan fungsinya juga mengalami perubahan.Ada flash drive yang memakai rotary design sehingga kita tidak perlu khawatir kehilangan penutupnya. Tersedia juga flash drive yang dilapisi karet supaya tahan air atau dilengkapi dengan clip carabineer sehingga mudah digantungkan. Bahkan telah dibuat flash drive berbentuk model kartu kredit. Namanya wallet-friendly USB. Ukurannya hanya 86x 54 x 1,9 mm. Jadi, dapat disimpan dengan aman di dalam dompet.

Fungsi standar sebuah flash drive adalah menyimpan data. Namun demikian, beberapa tambahan fungsi baru sudah melekat seperti menyimpan lagu, mp4, video dll. Untuk mengukur kualitas suatu flash drive baik atau tidak, dapat dilihat beberapa parameter. Parameter-parameter tersebut adalah transfer rate average, access tume, burst rate, read, dan write. Sejauh ini informasi mengenai hal-hal tersebut tidak terfasilitasi dari produsen flash drive. informasi tentang flash drive tersebut ternyata hanya tercantum high transfer USB dan lifetime warranty. Biasanya data mengenai kualitas flash drive dibahas di media informasi tentang komputer. Akan tetapi, tentu saja tidak semua flash drive ditampilkan uji kualitasnya. Hal ini seringkali menyulitkan konsumen dalam membeli flash drive.membeli flash drive.

Biasanya orang menggunakan flash drive karena dua tujuan. Tujuan pertama adalah untuk menyimpan data dalam jumlah banyak dan aman di flash drive.Inilah yang mendorong pemakaian floppy disk sebagai media penyimpanan berangsur-angsur berkurang. Sebagai perbandingan, ukuran sebuah floppy disk kurang lebih 1,44MB. Ukuran ini 88 kali lebih kecil daripada ukuran minimum flash drive sekarang (128 MB). CD ataupun DVD memang dapat menyimpan data yang sama atau bahkan lebih besar dari sebuah flash drive. Namun, portabilitasnya kurang begitu baik. Apalagi, kedua kepingan itu amat rentan terhadap goresan sedikit yang bisa merusak data.
Untuk masalah keamanan belum ada penelitian ilmiah yang menguji sekuritas sebuah flash drive dari serangan virus, warm, ataupun trojan.

1 comment:

alamendah said...

(Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
Ternyata si kecil itu punya sejarah panjang juga, ya?