Home » , » Makan yang sebaiknya di hindari saat kita sahur

Makan yang sebaiknya di hindari saat kita sahur

makanan pada sahur saat berpengaruh pada aktivitas dan metabolisme tubuh selama puasa."Sekitar 50 persen orang batal puasa karena diare, penyebabnya karena makanan yang mereka makan saat sahur, " kata pakar kesehatan pencernaan dari FKUI RSCM, Dr. Ari Fahrial Syam, Sp PD-KGEH, MMB.Oleh sebab itu, Ari menekankan pentingnya memerhatikan jenis dan kualitas asupan makanan di saat sahur. Ari pun memberikan beberapa tip yang dapat dijadikan panduan agar kesehatan pencernaan tetap prima selama menjalankan ibadah puasa.

Hal pertama yang perlu diperhatikan, kata Ari, adalah kualitas makanan saat sahur. "Makanan itu fresh atau tidak? Jangan makan hidangan malam yang kemudian dipanaskan lagi pagi harinya karena kualitas makanannya jadi tidak fresh, " kata Ari

Namun Ari menambahkan, "Saat sahur boleh mengkonsumsi hidangan malam yang dipanaskan, asal makanan itu dibuat pada malam hari, bukan pada siang harinya. Sehingga makanan bukan makanan yang dipanaskan dua kali, dan kualitas makanannya tetap terjaga, " ujarnya.

Yang kedua adalah pilihan jenis makanan. "Sebaiknya saat sahur jangan makan makanan yang mengandung lemak. Karena makanan berlemak membuat proses pencernaannya panjang," kata Dr. Ari

Dr. Ari juga menyebutkan sangat tidak dianjurkan untuk menyantap makanan berkadar lemak tinggi saat sahur kemudian diakhiri dengan tidur.

"Kalau langsung tidur makanannya bisa berbalik arah (refluks) sehingga sulit dicerna. Berbeda dengan saat kita berdiri atau duduk, makanan akan turun ke bawah. Sementara kalau tidur arah makanan sesuai gravitasi. Artinya saat tidur, posisi badan kan telentang, makanan bisa-bisa naik ke kerongkongan, " terang Ari.

Ketiga, batasi minuman teh dan kopi. "Kalau minum kopi bisa menyebabkan buang air kecil jadi terus-terusan (diuresis). Sementara kita akan berpuasa selama 12 jam ke depan, " kata Dr. Ari

Meskipun begitu, Dr. Ari menyatakan mengkonsumsi kopi baik untuk memperlancar buang air besar. Dan buang air besar di pagi hari, saat sahur sangat diperlukan untuk mencegah kembung.

"Tapi sebaiknya, konsumsi kopi dilakukan saat berbuka, bukan saat makan sahur. Untuk memperlancar buang air besar saat sahur, dapat diganti dengan mengkonsumsi buah dan sayur, " kata Ari.

Sementara untuk teh, Ari menyatakan minum teh manis saat sahur oleh saja dilakukan, tetapi sebaiknya jangan kental karena dapat menyebabkan diuresis. "Apabila tetap ingin meminumnya, bisa meminum secangkir kecil saja," tegasnya.

Selain itu, Ari menganjurkan agar setiap orang yang berpuasa untuk meminum susu. Minuman ini sangat penting dikonsumsi saat sahur karena mengandung lemak dan kalsium untuk penambah tenaga.

Source : Kompas.com dan tribunnews
Share/Save/Bookmark

Artikel Selanjutnya :



13 komentar:

Anonim mengatakan...

Aku cuma minum air putih, tapi kok aku kencing-kencing!

oh iya mas mo nanya nih, bagaimana supaya alexa rank blog kita tidak no data? Beri tanggapan di blogku yah

Anonim mengatakan...

Aku cuma minum air putih, tapi kok aku kencing-kencing!

oh iya mas mo nanya nih, bagaimana supaya alexa rank blog kita tidak no data? Beri tanggapan di blogku yah

Sudinotakim mengatakan...

Sahabat anonim..

Linknya mana misalnya http://www. ? Biar senang saya balas komentnya..

Fais cWaKep mengatakan...

tips yang sngat bermanfaat ni,,,

mas kholiq mengatakan...

trmksh tipsnya bermanfaat

Gaphe mengatakan...

asal jangan makan terlalu banyak aja.. kalo kebanyakan --> ngantuk --> kesiangan bangun .. hehehe

TRIMATRA mengatakan...

hahaha..pantesan pas sahur makan berlemak , jadi puasanya hampir batal karena tenggorokan sakit

catatan kecilku mengatakan...

Wah.., aku selalu mengkonsumsi teh, Bang...

the others mengatakan...

Mulai besok aku akan minum susu deh. Thanks ya tipsnya..

attayaya mengatakan...

mohon bantuan postingan dan penyebarannya

http://www.attayaya.net/2010/08/gerakan-seo-positif-smp-anak-smp.html

terima kasih sebelum dan sesudahnya

Laksamana Embun mengatakan...

Makasih infonya mas..

rizal mengatakan...

jika makan sembarangan di waktu sahur akibatnya puasa jadi cepat lapar dan haus....ya kan

Anonim mengatakan...

tolong tambah link nya untuk langsung share di facebook ,, atau social neetworking lainnya,, jadi mudah untuk sahre nya,, tahanks before, atikel yang bermanfaat

Copyright © Perencanaan masa depan